Contoh Politik Bebas Aktif yang Indonesia Sudah Lakukan

Dalam perkembangan global dewasa ini bangsa Indonesia melaksanakan politik luar negeri bebas aktifnya, antara lain:

a. Indonesia bebas mengadakan hubungan dengan bangsa lain, tanpa tekanan maupun keterikatan dengan bangsa lain. Contohnya:

1) Melakukan kerja sama Indonesia dengan Singapura melalui pembangunan Politeknik Batam dan penandatanganan Persetujuan tentang kerja sama ekonomi di Pulau Batam, Bintan, dan Karimun (25 Juni 2006). Kerja sama ini dilakukan oleh menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Boediono, dengan menteri Perdagangan dan Perindustrian Singapura. Tujuan dari persetujuan itu adalah mengembangkan kerja sama ekonomi dalam kawasan ekonomi khusus melalui pembangunan pabrik kimia, elekronika maupun pakaian jadi di Batam, Bintan, dan Karimun. Dengan kerja sama ini akan menguntungkan kedua negara dalam bidang pariwisata.

2) Pada bidang pertanian antara Republik Indonesia dengan Ceko pada tanggal 10 Juni 2006, telah dilakukan penandatanganan kerja sama antara Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (Unita) dengan Universitas Pertanian Ceko. Bentuk kerja sama tersebut berupa pertukaran staf pengajar dan mahasiswa, pengembangan infrastruktur di universitas, pertemuan akademis, riset dan pengembangan potensi ekonomi rakyat. Pengembangan potensi ekonomi rakyat meliputi bidang pertanian dan peternakan.

3) Pada bidang penanaman modal asing perusahaan-perusahaan Malaysia telah menanamkan investasinya ke Indonesia. Investasi tersebut dilakukan dalam beberapa sektor antara lain telekomunikasi, minyak dan gas. Di samping itu, terhadap produk berbasis kelapa sawit, otomotif, dan televisi kabel.

4) Pada bidang sosial, misalnya bangsa Indonesia telah banyak mendapatkan bantuan dari berbagai negara. Bantuan tersebut berupa penanganan korban bencana alam yang terjadi di Indonesia baik yang terjadi di Aceh, Yogyakarta, maupun daerah Ciamis, dan sekitarnya. 

5) Pada bidang politik bangsa Indonesia juga ingin tetap mempertahankan hubungan baik dengan negara manapun, dan selalu menghormati kedaulatan negara-negara lain.

6) Pada bidang budaya diwujudkan melalui kerja sama pada bidang kesenian maupun ilmu pengetahuan teknologi dengan negara-negara di dunia ini.


b. Bangsa Indonesia juga aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan dan perdamaian abadi maupun keadilan sosial melalui pengiriman pasukan perdamaian di Timur Tengah misalnya:

1) Pada era sebelum reformasi bangsa Indonesia telah mengirimkan pasukan “Garuda” sebagai kontigen dari PBB untuk menciptakan perdamaian di beberapa negara misalnya: pada saat terjadi perang antara Inggris, Perancis, dan Israel melawan Mesir tahun 1956, Perang Saudara di Kongo tahun 1960, Vietnam tahun 1973, dan di Mesir tahun 1977.

2) Dalam era reformasi, negara Indonesia akan mengirimkan pasukan perdamaian PBB di Lebanon dengan sebutan Kontingen “Garuda” XXIII. Ini atas permintaan Perdana Menteri Lebanon Fuad Siniora dan Presiden Perancis Jacques Chirac atas nama pasukan perdamaian PBB di Lebanon.

3) Kegiatan lain yang dilakukan Indonesia dalam rangka mewujudkan keadilan sosial bagi masyarakat dunia, adalah melalui kerja sama dengan UNHCR dalam memberikan penanganan masalah pengungsi dari daerah konflik misalnya: Irak, Afganistan, dan Somalia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Politik Bebas Aktif yang Indonesia Sudah Lakukan"

Posting Komentar