135 Contoh Soal Materi tentang HAM / Hak Asasi Manusia (100 Pilihan Ganda & 35 Essay)

100 Contoh Soal Materi Perlindungan dan Penegakan Hak Asasi Manusia, Hakekat HAM, Sejarah HAM, Landasan Hukum HAM - Pilihan Ganda

Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d!

1. Menurut kodratnya, manusia memiliki sifat sebagai . . . .
a. makhluk pribadi
b. makhluk sosial
c. makhluk bermasyarakat
d. makhluk pribadi dan sosial

2. Hak asasi adalah hak dasar atau hak pokok yang dimiliki manusia atas pemberian . . . .
a. teman c. orang tua
b. Tuhan d. Pemerintah

3. Pelaksanaan hak dan kewajiban dapat berjalan selaras, serasi dan seimbang apabila kita mampu . . . .
a. memilih mana yang menjadi haknya dan mana yang menjadi hak orang lain
b. mencari kewajiban-kewajiban yang dilaksanakan secara bersamasama
c. menuntut hak-hak yang harus kita terima
d. mengendalikan diri dengan mematuhi ajaran agama yang dipeluknya

4. Pengakuan hak asasi manusia secara meluas diakui dan dilaksanakan oleh bangsa-bangsa di dunia pada tanggal . . . .
a. 10 Desember 1948 c. 18 Agustus 1945
b. 10 Desember 1949 d. 30 September 1965

5. Kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa, terdapat dalam rumusan Pembukaan UUD 1945 alinea . .. .
a. pertama c. ketiga
b. kedua d. keempat

6. Hak untuk memperoleh pekerjaan dan penghidupan yang layak diperuntukkan bagi . . . .
a. Tuhan c. Pemerintah
b. manusia d. hewan

7. Setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan pengajaran yang termasuk dalam hak asasi bidang . . . .
a. politik c. hukum
b. ekonomi d. sosial budaya

8. Kesadaran akan arti penting hak asasi manusia sedunia terangkum dalam . . . .
a. Magna Charta
b. The Four Freedom of F.D. Roosevelt
c. The Universal Declaration of Human Rights
d. The Declaration of Independence of America

9. Bangsa Indonesia wajib memelihara perdamaian dunia karena . . . .
a. bangsa Indonesia tidak memiliki persenjataan lengkap
b. bangsa Indonesia merasa dirinya bagian dari masyarakat dunia dan
diwajibkan untuk menjaga perdamaian dunia
c. bangsa Indonesia belum siap untuk perang
d. bangsa Indonesia tidak suka akan peperangan

10. Hak untuk memilih dan dipilih dalam pelaksanaan Pemilu merupakan hak yang dimiliki manusia dalam bidang . . . .
a. politik c. sosial budaya
b. ekonomi d. hukum

11. Jika kalian menyaksikan siaran televisi dan mendengar berita atau membaca berita, tentang bencana alam yang terjadi di suatu daerah dan banyak menelan korban, maka kalian harus segera . . . .
a melaporkan kepada orang tua
b. mendiskusikan masalah bencana alam
c. mengumpulkan para tetangga
d. membantu para korban dan mengumpulkan dana untuk korban bencana alam

12. Perbuatan yang dapat dipandang merendahkan nilai kemanusiaan apabila seseorang. . . .
a. memperhatikan orang lain
b. menyinggung perasaan orang lain
c. memperdulikan orang lain
d. merugikan diri sendiri

13. Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh . . . .
a. pemerintah c. negara
b. orang berada d. pejabat tinggi negara

14. Manusia memiliki kedudukan yang paling tinggi diantara makhlukmakhluk lainnya. Hal ini membuktikan bahwa manusia memiliki . . . .
a. panca indera c. akal pikiran dan budi pekerti
b. tempat tinggal yang nyaman d. kekayaan yang melimpah

15. Di antara teman satu kelas, yang kamu anggap paling tinggi derajatnya adalah . . . .
a. siswa yang paling pandai
b. siswa yang paling rajin
c. tidak ada karena semua siswa sama
d. siswa yang paling kaya

16. Dalam perjalanan sejarah, kita mengenal istilah perbudakan yang terjadi di beberapa negara. Hal ini merupakan bukti . . . .
a. pelaksanaan hak-hak asasi manusia
b. perkosaan terhadap hak-hak asasi manusia
c. golongan kuat ingin menguasai golongan yang lemah
d. negara ingin menguasai dunia

17. Hak kebebasan memiliki sesuatu, hak membeli, hak menjual, hak mengadakan perjanjian atau kontrak merupakan hak asasi manusia dalam bidang . . . .
a. politik c. sosial budaya
b. ekonomi d. hankam

18. Bangsa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa lain, seperti Jepang, Belanda, Portugis, dan Inggris. Tindakan tersebut menunjukkan. . . .
a. menjunjung tinggi nilai-nilai dan martabat kemanusiaan
b. pelecehan hak asasi manusia
c. memberi kebebasan kepada negara-negara yang baru berkembang
d. menghormati semua warga negara Indonesia

19. Hak-hak asasi manusia yang diakui oleh bangsa-bangsa di seluruh dunia dimaksudkan untuk . . . .
a. menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan bagi negara-negara yang merdeka
b. menjunjung tinggi nilai-nilai dan martabat manusia
c. memberikan kebebasan kepada setiap manusia untuk dapat bertindak leluasa
d. menghormati semua warga negara Indonesia

20. Salah satu instrumen hak asasi manusia di Indonesia adalah . . . .
a. lembaga yang berwenang tentang HAM
b. harkat, martabat, dan derajat manusia
c. manusia yang pintar
d. bentuk negaranya

21. Setiap manusia mendambakan agar hak-haknya dihargai dan dihormati karena pada hakikatnya bahwa setiap manusia itu . . . .
a. sama harkat dan status sosialnya
b. sama harkat dan martabatnya
c. harkat dan derajatnya berbeda
d. harkat dan martabatnya berbeda

22. Salah satu contoh kasus pelanggaran hak asasi manusia adalah . . . .
a. menghilangkan nyawa orang lain
b. berdebat dengan orang lain
c. menolong sesama
d. mengharapkan bantuan orang lain

23. Dasar hukum pelaksanaan hak asasi manusia di Indonesia adalah . . . .
a. UU No. 2 Tahun 1998 c. UU No. 39 Tahun 1999
b. UU No. 9 Tahun 1998 d. UU No. 7 Tahun 1989

24. Pelaksanaan hak asasi manusia di Indonesia mulai diakui sejak . . . .
a. lahirnya Pancasila
b. lahirnya UUD 1945
c. penjajahan Jepang
d. penjajahan Belanda

25. Sikap yang harus dikembangkan terhadap sesama manusia tanpa membedakan suku, keturunan, agama atau kepercayaan serta warna kulit adalah . . . .
a. sikap taat, patuh dan setia kepada ajaran agama
b. sesuai dengan kodrat dan hak-hak asasi manusia
c. sikap saling mencintai terhadap sesama
d. sikap takwa dan taat kepada ajaran agama

26. Perbuatan melawan hukum, mengurangi, menghalangi, membatasi, dan atau mencabut hak asasi manusia setiap orang yang dijamin oleh undangundang disebut . . . .
a. penganiayaan/penyiksaan
b. kewajiban dasar manusia
c. diskriminasi
d. pelanggaran HAM

27. Lembaga mandiri yang kedudukannya setingkat dengan lembaga negara lainnya yang berfungsi melaksanakan pengkajian, penelitian, penyuluhan, pemantauan, dan mediasi hak asasi manusia adalah . . . .
a. Polisi
b. KPTPK (Komite Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi)
c. Pengadilan
d. Komnas HAM

28. Setiap bangsa mendambakan suatu perdamaian. Oleh karena itu, setiap bangsa harus bersikap . . . .
a. menghargai hak dan kewajiban setiap warganya
b. menghormati Perserikatan Bangsa-Bangsa
c. menghargai kemerdekaan bangsa lain
d. membantu negara yang lemah

29. Yang bukan merupakan contoh hak-hak warga negara Indonesia adalah . . . .
a. memperoleh pekerjaan
b. beragama
c. menghargai kemerdekaan bangsa lain
d. membantu negara yang lemah

30. Hak asasi manusia merupakan hak yang paling kodrati yang dimiliki manusia. Namun, dalam pelaksanaannya tidak dilakukan secara mutlak, karena setiap hak yang kita miliki akan dibatasi oleh . . . .
a. pelanggaran hak asasi manusia
b. hak asasi orang lain
c. undang-undang yang berlaku di Indonesia
d. harkat, derajat, dan martabat orang lain

31. Salah satu upaya penegakan HAM di Indonesia adalah . . . .
a. terbentuknya Komnas HAM
b. penertiban pedagang kaki lima
c. adanya pengakuan terhadap hak-hak asasi manusia
d. penghormatan kepada jenis-jenis pahlawan

32. Dalam upaya penegakan pelaksanaan hak asasi manusia di Indonesia bukanlah hal yang mudah apabila hanya dilakukan oleh satu lembaga saja. Akan tetapi, memerlukan dukungan dari. . . .a. lembaga aspirasi rakyat
b. lembaga pemerintahan
c. lembaga perwakilan rakyat
d. masyarakat dan pemerintah

33. Kerja sama yang dilakukan dalam upaya penegakan HAM dapat berupa. . . .
a. hubungan perdagangan
b. tugas pendidikan dan penyuluhan program nasional HAM
c. pengkajian dan penerapan sumber daya manusia
d. hubungan politik

34. Lembaga yang menjadi tonggak awal perlindungan penegakan HAM masyarakat Indonesia adalah . . . .
a. Polisi c. LSM
b. Hakim d. PBB

35. Kerja sama dalam upaya penegakan HAM di Indonesia bersama-sama dengan PBB, melalui badan-badan PBB yang bergerak menangani permasalahan perlindungan anak yaitu . . . .
a. WHO c. FAO
b. ILO d. UNICEP

36. Salah satu kawasan negara di dunia yang belum memiliki piagam hak asasi manusia adalah . . . .

a. Asia c. Amerika
b. Afrika d. Eropa

37. Pelaksanaan hak-hak asasi manusia dapat dimasyarakatkan menjadi bagian terpenting dalam kehidupan warga negara Indonesia dengan cara . . . .
a. menutup diri terhadap perubahan hak-hak asasi manusia
b. mengadakan gerakan anti-HAM
c. membuka diri, menerima setiap perubahan yang ada dengan mengubah sikap mental yang negatif menjadi lebih positif terhadap hak-hak asasi
d. selalu curiga dan khawatir terhadap gerakan-gerakan perlindungan dan penegakan HAM

38. Salah satu bentuk penghargaan dan penghormatan terhadap hak asasi orang lain adalah . . . .
a. membantu anak-anak terlantar
b. membantu mendukung membiayai anak putus sekolah
c. tidak mengganggu kebebasan orang lain yang sedang beribadah
d. membantu seorang nenek yang akan menyeberang jalan

39. Partisipasi masyarakat baik orang per orang, kelompok atau organisasi politik atau organisasi masyarakat dalam perlindungan dan penegakan hak asasi manusia dalam bentuk . . . .
a. laporan, usulan perumusan kebijakan yang berkaitan dengan hak asasi manusia kepada lembaga-lembaga yang berwenang
b. pembatasan perlindungan dan penegakan HAM
c. melindungi perbuatan yang melanggar HAM
d. pembatasan penyebarluasan informasi hak asasi manusia

40. Laporan atas terjadinya pelanggaran hak asasi manusia dapat ditujukan kepada . . . .
a. Depdagri c. Polisi
b. Presiden d. DPA

41. Hak asasi manusia adalah hak dasar yang dimiliki pribadi manusia secara kodrati, artinya hak itu merupakan ….
a. anugerah Tuhan
b. perjanjian masyarakat
c. anugerah pemerintah
d. tumbuh dari kesadaran diri pribadi

42. Penggunaan hak asasi manusia sesungguhnya bersifat terbatas. Latar belakang keterbatasan itu adalah ….
a. adanya kesadaran kebangsaan
b. dengan dasar Pancasila penggunaan hak asasi tidak bebas
c. manusia sebagai makhluk pribadi dan sosial
d. terbatasnya kemampuan seseorang

43. Hak asasi manusia wajib dijunjung tinggi oleh semua orang sehingga penggunaannya ….
a. bebas dari pengawasan pemerintah
b. tidak bebas sebab harus dikaitkan dengan ajaran agama
c. harus hati-hati agar tidak merugikan diri sendiri
d. perlu dijamin oleh peraturan negara

44. Nilai-nilai dasar yang terkandung dalam UUD 1945 ialah menjunjung tinggi hak asasi manusia yang berpangkal pada asas ….
a. pengakuan dan jaminan hak asasi pribadi
b. keseimbangan antara individu dan masyarakat
c. hak kodrati manusia
d. manusia sebagai individu

45. Piagam hak asasi manusia bagi bangsa Indonesia adalah ….
a. Pembukaan UUD 1945
b. Piagam Jakarta, 22 Juni 1945
c. Batang Tubuh UUD 1945
d. Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

46. Hak asasi manusia memiliki sifat universal, namun pelaksanaannya di setiap negara  tidak sama. Pelaksanaan hak asasi manusia di negara Indonesia berpangkal dari ….
a. keseimbangan antara hak dan kewajiban
b. pernyataan sedunia tentang hak asasi manusia
c. empat kebebasan Franklin D. Roosevelt
d. hak asasi politik dan sosial budaya

47. Menurut Franklin D. Roosevelt, manusia memiliki empat kebebasan. Berikut ini yang bukan empat kebebesan menurut Franklin D. Roosevelt adalah ….
a. kebebasan mengemukakan pendapat
b. kebebasan untuk memiliki dan mencukupi segala kebutuhan
c. kebebasan memeluk agama dan kepercayaan
d. kebebasan menggunakan hak milik

48. Salah satu contoh pelaksanaan hak asasi manusia di bidang sosial budaya adalah ....
a. mendapat perlakuan yang adil dalam proses sidang
b. memilih pendidikan
c. mengajukan petisi
d. mengadakan perjanjian atau kontrak

49. Dokumen hak asasi manusia yang dikeluarkan oleh PBB bernama ....
a. Magna Charta
b. Declaration of Independence
c. Bill of Rights
d. Universal Declaration of Human Rights

50. Berikut ini adalah hak-hak asasi manusia, kecuali ....
a. hak asasi pribadi
b. hak mendapatkan pengajaran
c. hak asasi politik
d. hak asasi ekonomi

51. Salah satu hak asasi manusia dalam politik adalah ....
a. mempunyai hak yang sama dalam hukum dan berhak atas perlindungan hukum
b. hak mendapatkan perlindungan yang sama dalam kehidupan di masyarakat
c. hak memilih dan dipilih dalam pemilihan umum
d. jaminan atas hak dan kewajiban warga negara

52. Contoh perlindungan hak asasi warga negara dalam bidang hukum adalah ....
a. keikutsertaan membela negara dijamin oleh UU
b. semua warga negara mempunyai hak membela diri di depan pengadilan
c. setiap warga negara bebas mengeluarkan pendapat
d. semua warga negara berhak atas penghidupan yang layak

53. Hak asasi manusia adalah hak yang dibawa sejak lahir yang secara kodrati melekat pada setiap manusia dan tidak dapat diganggu gugat. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
a. F.D. Roosevelt
b. Eleanor Roosevelt
c. Hans Kelsen
d. John Locke

54. Setiap manusia berhak mendapatkan rights of legal equality, yaitu ....
a. menggunakan hak pilih dalam pemilu
b. memilih agama menurut keyakinannya
c. mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan
d. mendapatkan pekerjaan yang layak bagi kehidupannya

55. Berikut ini adalah yang bukan hak asasi manusia yang ada dalam nilai-nilai Pancasila adalah ....
a. hak ketuhanan
b. hak kemerdekaan
c. hak keadilan
d. hak berserikat

56. Lembaga yang mempunyai tugas untuk mengembangkan pelaksanaan HAM di Indonesia adalah ....
a. LBH
b. Komnas HAM
c. Departemen Hankam
d. Departemen Sosial

57. Hak asasi memiliki, membeli, dan menjual sesuatu merupakan hak asasi ....
a. pribadi
b. ekonomi
c. politik
d. hukum

58. Tujuan Komisi Nasional HAM adalah ....
a. meningkatkan perlindungan HAM
b. mengadili para pelanggar HAM di Indonesia
c. menugaskan aparatur pemerintah untuk menegakkan HAM
d. menjadi lembaga yang melindungi kepentingan hukum warga negara

59. Persoalan HAM tidak memperoleh perhatian pada masa Orde Baru karena ....
a. masih terkosentrasi pada upaya melawan Belanda
b. pemerintah lebih mengutamakan pertumbuhan ekonomi
c. para elit pemerintahan tidak menganggap ada masalah dengan HAM rakyatnya
d. situasi negara diwarnai kemelut di tingkat elite pemerintahan sendiri

60. Dokumen yang terkait dengan sejarah perkembangan HAM di Inggris adalah ....
a. Magna Charta
b. Petition of Rights
c. Hobeas Corpus Act
d. Bill of Rights

61. Sesuai kodratnya manusia diciptakan Tuhan Yang Maha Esa sebagai makhluk monodualisme yang memiliki makna manusia sebagai ….
a. Makhluk pribadi dan individu
b. Makhluk pribadi dan sosial
c. Warga masyarakat dan makhluk sosial
d. Warga masyarakat dan warga negara

62. Hak-hak asasi dasar yang dibawa manusia sejak lahir sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa disebut hak …
a. Hidup
b. Kebebasan
c. Asasi
d. Pribadi

63. UUD 1945 pasal 34 memberikan jaminan akan hak …
a. Kehidupan ekonomi
b. Memperoleh pendidikan
c. Membela negara
d. Jaminan sosial

64. Undang-Undang no. 26 tahun 2000 mengatur tentang …
a. Hak Asasi Manusia
b. Pengadilan HAM
c. Komnas HAM
d. Perlindungan terhadap anak

65. Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) disahkan dengan …
a. Ketetapan MPR
b. Undang-undang
c. Peraturan Pemerintah
d. Keputusan Presiden

66. Contoh kasus pelanggaran HAM yang sering dilakukan oleh perorangan adalah …
a. Peperangan
b. Pemerkosaan
c. Penjajahan
d. Penggeledahan

67. Pelanggaran berat Hak Asasi Manusia meliputi dua hal yaitu …
a. Kejahatan kemanusiaan dan apartheid
b. Kejahatan genosida dan perkosaan
c. Kejahatan kemanusiaan dan genosida
d. Genosida dan perampasan

68. Lembaga negara yang berhak memberikan grasi terhadap pelaku pelanggaran HAM yaitu …
a. MPR
b. DPR
c. MA
d. Presiden

69. Hak Asasi Manusia dapat ditegakkan apabila dalam melaksanakan hak asasi harus dibatasi dengan
a. Peraturan
b. Adat istiadat
c. Norma yang ada
d. Kewajiban dasar manusia

70. Mengapa sampai saat ini masih terjadi pelanggaran terhadap Hak Asasi Manusia ?
a. Masyarakat sekarang sulit diatur
b. Lembaga perlindungan HAM belum berfungsi
c. Tidak ada komitmen semua pihak untuk menegakkan HAM
d. Peraturan perundangan tentang HAM tidak lengkap

71. Unsur – unsur terpenting dalam pengertian hakekat HAM adalah...
a. merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap manusia, tidak dapat diberikan kepada orang lain, dan tidak boleh dihapus dengan alasan apapun.
b. merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap manusia, dapat diberikan kepada orang lain, dan boleh dihapus dengan alasan untuk kepentingan umum.
c. merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap warga negara, dan boleh dihapus dengan alasan untuk kepentingan negara.
d. merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap warga Negara yang telah berumur 18 tahun, dan boleh dihapus dengan alasan untuk kepentingan pemerintah.

72. Yang merupakan instrumen hukum HAM nasional adalah ...
a. Komnas HAM
b. Pengadilan HAM
c. UURI No. 39 Tahun 1999
d. UURI No. 22 Tahun 1999

73. Lahirnya Perundang – undangan HAM nasional terutama di dorong untuk keperluan ...
a. mencegah berkembangnya individualisme
b. memenuhi tuntutan masyarakat internasional
c. melindungi dari tindakan kesewenang-kesewenangan yang dilakukan oleh penguasa maupun pihak lain
d. mengembangkan hak-hak warga negara agar sederajat dengan bangsa-bangsa lain di dunia

74. Dalam menjalankan fungsi mediasi Komnas HAM berperan...
a. melakukan penelitian berbagai instrumen HAM
b. menyebar wawasan mengenai HAM kepada masyarakat
c. menyelesaikan perkara HAM melalui cara konsultasi, negoisasi, konsiliasi dan penilaian ahli
d. mengamati pelaksanaan HAM dan menyusun laporan hasil pengamatan tersebut

75. Manakah yang termasuk sikap positif terhadap upaya penegakan HAM . . .
a. mendukung penyelesaian pelanggaran HAM diserahkan sepenuhnya pada kesadaran masing–masing pelaku pelanggaran
b. mendukung pemberian perlindungan terhadap korban dan saksi pelanggaran HAM dari ancaman pihak manapun
c. tidak setuju terhadap pelaksanaan peradilan HAM yang diperlakukan surut
d. setuju demi penegakan HAM bagi yang didakwa melanggar meskipun tidak terbukti bersalah tidak perlu diberikan hak rehabilitasi

76. Hak untuk pemenuhan kebutuhan dasar, meningkatkan kualitas hidup, memperoleh manfaat dari iptek, memperoleh informasi, melakukan pekerjaan sosial merupakan contoh– contoh yang dijamin dalam ...
a. hak untuk hidup;
b. hak mengembangkan diri;
c. hak atas rasa aman
d. hak berkeluarga dan melanjutkan keturunan

77. Berikut merupakan hak atas kesejahteran adalah ...
a. perlindungan dari ancaman ketakutan
b. memilih dalam pemilihan umum
c. memperoleh pekerjaan yang layak;
d. perlindungan terhadap penyiksaan,

78. Hak perlindungan oleh orang tua, keluarga, masyarakat dan negara, beribadah menurut agamanya, berekspresi, perlindungan dari eksploitasi ekonomi, pekerjaan, pelecehan sexual, perdagangan anak, penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya, merupakan beberapa contoh ...
a. hak anak;
b. hak memperoleh keadilan;
c. hak atas rasa aman;
d. hak berkeluarga dan melanjutkan keturunan

79. Berikut ini merupakan tugas Komisi Perlindungan Anak Indonesia kecuali:
a. melakukan penyidikan terhadap berbagai kasus pelanggaran hak anak.
b. melakukan sosialisasi peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan perlindungan anak;
c. memberikan laporan, saran, masukan, dan pertimbangan kepada Presiden dalam rangka perlindungan anak;
d. mengumpulkan data dan informasi, menerima pengaduan masyarakat, melakukan penelaahan, pemantauan, evaluasi, dan pengawasan terhadap penyelenggaraan perlindungan anak

80. Sikap mengikuti “hati sendiri”, enak sendiri, malah juga kaya sendiri, dan lain–lain, mengakibatkan orang dengan begitu mudah menyalahgunakan kekuasaannya, meremehkan tugas, dan tidak mau memperhatikan hak–hak orang lain, dapat menjadi penyebab terjadinya pelanggaran HAM , karena ...
a. mengedepankan hati nuranib. kurang dan tipisnya rasa tanggungjawab;
c. menonjolkan kolektivisme; d. kurang berfungsinya lembaga–lembaga penegak hukum (polisi, jaksa dan pengadilan).

81. Hak asasi manusia selalu dijunjung tinggi oleh setiap manusia sebab pada dasarnya hak asasi manusia adalah hak yang ….
a. diterima dari orangtua
b. diperoleh dari perjuangan manusia untuk kepentingan manusia sendiri
c. melekat pada martabat manusia sebagai makhluk Tuhan
d. diberikan oleh seseorang ke pada orang lain

82. Negara menjamin, melindungi, dan mengakui hak asasi manusia berdasarkan atas ….
a. sifat kodrat manusia
b. keseimbangan hak dan kewajiban
c. jasa seseorang terhadap negara
d. persamaan keadilan

83. Penggunaan hak asasi manusia sesung guhnya bersifat terbatas. Sifat keterbatasan ini disebabkan ….
a. adanya kesadaran kebangsaan
b. adanya kesadaran pribadi
c. bahwa dengan dasar Pancasila penggu naan hak asasi tidak bebas
d. sebagai makhluk pribadi manusia juga adalah makhluk sosial

84. Tinggi rendahnya nilai martabat seseorang ditentukan oleh ….
a. harta benda yang dimiliki
b. tingkat pendidikan yang dicapai
c. budi pekerti yang diamalkan
d. kedudukan sosial dalam masyarakat

85. Tonggak perjuangan hak asasi manusia di Inggris kali pertama dimuat dalam ….
a. Magna Charta
b. Habeas Corpus Act
c. Piagam Jakarta
d. Declaration of Independence

86. Menurut Franklin Delano Roosevelt terdapat empat macam kebebasan, kecuali ….
a. kebebasan beragama
b. kebebasan berbicara
c. kebebasan dari rasa takut
d. kebebasan mencari pekerjaan

87. Universal Declarations of Human Rights sebagai piagam HAM se dunia ditetapkan pada ….
a. 10 November 1948
b. 10 Desember 1948
c. 10 Desember 1949
d. 27 Desember 1949

88. Pelanggaran terhadap nilai kemanusia an merupakan bentuk pe langgaran Pancasila terutama sila ….
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat

89. Dalam Pembukaan UUD 1945, ditegaskan bahwa penjajahan di atas dunia harus diha puskan karena tidak sesuai dengan ….
a. ketertiban dunia
b. hukum internasional
c. perikemanusiaan dan perikeadilan
d. UUD 1945 dan piagam HAM dunia

90. Hak untuk mendapatkan pendidikan meru pakan hak asasi dalam bidang ….
a. politik
b. ekonomi
c. hukum
d. sosial budaya

91. Membela negara merupakan hak dan kewa jiban yang diatur dalam UUD 1945 Pasal ….
a. 27 ayat 1
b. 27 ayat 3
c. 29 ayat 2
d. 30 ayat 1

92. Semua warga negara bersamaan kedudukan nya dalam hukum dan pemerintahan. Hal ini diatur dalam UUD 1945 Pasal ….
a. 27 ayat 1
b. 27 ayat 3
c. 29 ayat 2
d. 31 ayat 1

93. Tiap-tiap warga negara berhak atas peker jaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Hal ini berarti …
a. semua warga negara harus mendapatkan pekerjaan sesuai ijazah yang dimiliki
b. semua warga negara mendapat pekerjaan sesuai dengan kemampuan setelah memenuhi persyaratan yang berlaku
c. semua warga negara mendapat pekerjaan sesuai dengan keinginannya
d. negara harus memberi peker jaan kepada semua warga negara

94. Undang-Undang No. 39 Tahun 1999 meng atur tentang ….
a. kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum
b. hak asasi manusia
c. pendidikan nasional
d. pertahanan dan keamanan nasional

95. Keppres No. 50 Tahun 1993 berisi tentang pembentukan lembaga perlindungan HAM. Keppres ini ditindaklanjuti dengan diben tuknya ….
a. Kontras
b. LBH
c. YLBHI
d. Komnas HAM

96. Menyebarluaskan wawasan tentang hak asasi manusia kepada masyarakat Indonesia merupakan bagian dari fungsi Komnas HAM yaitu fungsi …..
a. pengkajian dan penelitian
b. penyuluhan
c. pemantauan
d. mediasi

97. Pelanggaran HAM berat yang melanggar UU No. 39 Tahun 1999 disebut ….
a. genosida
b. korupsi
c. pembajakan
d. pencurian dengan kekerasan

98. Undang-Undang No. 26 Tahun 2000 meng atur tentang ….
a. hak asasi manusia
b. Komnas HAM
c. Pengadilan HAM
d. Pengadilan tata usaha negara

99. Berikut ini yang tidak termasuk pelanggaran HAM berat di Indonesia adalah kasus ….
a. Trisakti
b. Marsinah
c. Tsunami
d. Tanjung Priok

100. Perbuatan yang menghormati hak orang lain berikut ini, kecuali ….
a. jika meminjam sesuatu kepada orang lain hendaknya dikem balikan lagi tepat pada waktu nya
b. berhati-hati jika menggunakan kendara an bermotor
c. jika orang meminjam suatu barang dan barang tersebut hilang, orang tersebut tidak perlu meng gantinya
d. tidak merusak atau mengambil milik orang lain


35 Soal Materi tentang HAM / Hak Asasi Manusia Uraian Essay

Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan hak asasi manusia!
2. Sebutkan hak-hak setiap warga negara Indonesia!
3. Jelaskan peranan lembaga-lembaga HAM di Indonesia!
4. Sebutkan lembaga-lembaga yang berwenang yang menangani kasus tentang pelanggaran hak asasi manusia di Indonesia!
5. Sebutkan dasar hukum pelaksanaan hak asasi manusia di Indonesia!

6. Apa yang dimaksud dengan kewajiban dasar manusia?
7. Jelaskan apa manfaat dan kegunaan diberlakukannya peraturan yang mengatur tentang pelaksanaan hak asasi manusia!
8. Berilah contoh konkret tentang hak asasi manusia di lingkungan sekitarmu!
9. Sebutkan contoh konkret kewajiban dasar manusia di lingkunganmu!
10. Jelaskan mengapa negara melindungi hak warga negaranya!

11. Apa yang dimaksud hak asasi manusia?
12. Sebutkan macam-macam dari hak asasi manusia.
13. Mengapa seseorang harus menghormati dan menghargai sesamamanusia?
14. Deskripsikan sejarah singkat hak asasi manusia di dunia.
15. Sebutkan landasan hukum hak asasi manusia di Indonesia.

16. Sebutkan tiga pasal dalam UUD 1945 yang mengatur hak asasi manusia.
17. Apa yang kamu ketahui tentang lembaga perlindungan dan pe negak an HAM di Indonesia?
18. Sebutkan beberapa bentuk pelanggaran HAM di Indonesia.
19. Sebutkan tiga fungsi dari Komnas HAM.
20. Deskripsikan hal-hal yang diatur dalam artikel 5 Statuta Roma tentang pengadilan pidana inter nasional.

21. Deskripsikan yang dimaksud hak asasi manusia!
22. Sebutkan piagam hak asasi manusia yang pernah ada di dunia!
23. Deskripsikan hal yang melatarbelakangi lahirnya piagam Universal Declaration of Human Rights oleh PBB!
24. Mengapa kolonialisme merupakan bentuk pelanggaran terhadap hak asasi manusia?
25. Bagaimanakah upaya penegakan HAM di Indonesia pada masa reformasi?

26. Apakah yang dimaksud dengan hak asasi manusia?
27. Apakah tujuan dibentuknya Komnas HAM?
28. Berilah tiga contoh kejahatan kemanusiaan!
29. Sebutkan dua faktor penyebab terjadinya pelanggaran HAM!
30. Berilah contoh yang dapat kita lakukan dalam upaya penegakan HAM!

31. Jelaskan hakikat HAM?
32. Jelaskan fungsi Komnas HAM?
33. Deskripsikan satu contoh kasus pelanggaran dan upaya penegakan HAM?
34. Jelaskan 3 sikap kalian yang dapat untuk menghargai upaya perlindungan HAM?
35. Jelaskan 3 sikap kalian yang dapat untuk menghargai upaya penegakan HAM?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "135 Contoh Soal Materi tentang HAM / Hak Asasi Manusia (100 Pilihan Ganda & 35 Essay)"

Posting Komentar