180 Contoh Soal Materi Ideologi Pancasila (Pilihan Ganda & Essay)

115 Contoh Soal Materi tentang Ideologi Bangsa Indonesia Pilihan Ganda 

Pilihlah jawaban yang benar!

1. Ideologi berasal dari kata idea yang artinya pemikiran, konsep, atau gagasan, sedangkan logos, dapat diartikan sebagai ....
a. pengetahuan
b. lambang
c. berita
d. kesadaran

2. Rumusan Pancasila secara yuridis konsti tusional, terdapat dalam ….
a. Piagam Jakarta
b. Tap MPRS No.XX/MPRS/1966
c. Pembukaan UUD 1945
d. Mukadimah UUDS 1950

3. Sistematika sila-sila dalam Pancasila disebut sistematik hierarkhis, yang artinya ….
a. sila kedua merupakan penjelasan sila ketiga, sila ketiga merupakan pen jelasan sila kedua dan seterusnya
b. sila-sila Pancasila dapat dipertukarkan urutannya, karena artinya sama saja
c. merupakan bagian tak terpisahkan
d. kelima silanya merupakan suatu rang kaian bertingkat berjenjang

4. Berikut ini merupakan alasan bangsa Indonesia mengapa memilih ideologi Pancasila, kecuali ....
a. ideologi Pancasila merupakan kristalisasi dari nilai-nilai budaya bangsa Indonesia
b. ideologi Pancasila tidak perlu digali lagi karena sudah sesuai dengan buku Negara Kertagama
c. ideologi yang ada di dunia memiliki banyak kekurangan
d. ideologi Pancasila terkandung budaya bangsa Indonesia

5. Sikap chauvinisme bertentangan dengan ajaran Pancasila, terutama sila .…
a. pertama dan kedua
b. kedua dan kelima
c. ketiga dan kedua
d. keempat dan pertama

6. Istilah Pancasila lahir pada 1 Juni 1945. Namun, rumusannya terdapat dalam ....
a. Pembukaan UUD 1945
b. Piagam Jakarta
c. Buku Sutasoma
d. Buku Negara Kertagama

7. Peri kebangsaan, peri kemanusiaan, peri ketuhanan, peri kerakyatan, dan kesejah teraan sosial adalah konsep dasar negara yang di usulkan oleh ….
a. Mohammad Yamin
b. Soepomo
c. Ir. Soekarno
d. Dr. KRT. Radjiman

8. Istilah Pancasila yang lahir pada 1 Juni 1945, diusulkan oleh Ir. Soekarno atas saran ….
a. Mohammad Yamin
b. Mohammad Hatta
c. teman Soekarno yang ahli bahasa
d. Mohammad Natsir

9. Integralistik atau paham negara kesatuan dalam sidang BPUKI dikemukakan oleh ….
a. Mohammad Yamin
b. Mohammad Hatta
c. Mohammad Natsir
d. Soepomo

10. Pancasila ditetapkan menjadi dasar negara Republik Indonesia sejak ….
a. 1 Juni 1945
b. 22 Juni 1945
c. 18 Agustus 1945
d. 27 Desember 1949

11. Pancasila disahkan menjadi dasar negara Republik Indonesia dalam suatu sidang lembaga di bawah pimpinan ….
a. ketua dari Konstituante, Wilopo
b. ketua dari PPKI, Ir. Soekarno
c. ketua dari BPUPKI, Radjiman Widiodiningrat
d. ketua dari MPRS, Jenderal A. Nasution

12. Bagi bangsa Indonesia ideologi berfungsi sebagai berikut, kecuali ....
a. struktur kognitif, merupakan keseluruhan penge tahuan yang dapat merupa kan landasan untuk memahami kejadiankejadian dalam alam sekitar
b. orientasi dasar dengan membuka wawasan yang memberikan makna serta menunjuk kan tujuan dalam kehidupan manusia
c. norma-norma yang menjadi pegangan dan pedoman bagi seseorang untuk melangkah dan bertindak
d. sarana pencapai kepentingan se jumlah golongan rakyat tertentu

13. Kalimat dengan kewajiban menjalan kan syariat Islam bagi pemelukpemeluknya dalam Piagam Jakarta dan kemudian diubah menjadi “Ketuhanan Yang Maha Esa” dalam Pembukaan UUD 1945 dengan tujuan .…
a. untuk menjaga keutuhan, persatuan, dan kesatuan bangsa Indonesia
b. untuk menjamin kebebasan beragama dan beribadah
c. untuk menunjukkan bangsa Indonesia bhinneka dalam hal agama
d. agar tercipta kerukunan dalam umat seagama saja

14. Melalui Ketetapan MPR No. III/MPR/2000 maka Pancasila berfungsi sebagai .…
a. dasar negara
b. pandangan hidup
c. satu-satunya asas
d. alat pemersatu bangsa

15. Pernyatan-pernyataan berikut ini adalah benar, kecuali ….
a. Pancasila adalah pandangan hidup bangsa
b. Pancasila adalah dasar negara Republik Indonesia
c. Pancasila adalah sumber tertib hukum tertinggi
d. Pancasila adalah landasan idiil bangsa Indonesia

16. Pancasila sebagai ciri khas dari bangsa Indonesia membedakan dengan bangsa lain. Hal ini Pancasila disebut sebagai ….
a. alat pemersatu
b. perjanjian luhur
c. jiwa dan kepribadian bangsa
d. moral pembangunan

17. Ideologi suatu bangsa akan menentukan arah dan tujuan negara yang dapat dilihat dari teori kedaulatan yang dianutnya. bangsa Indonesia dianut prinsip .…
a. ideologi suatu bangsa tidak dapat dicapai, karena tidak nyata
b. ideologi suatu bangsa merupakan bayangan yang abstrak
c. kekuasaan negara tidak perlu memper hati kan pandangan hidup bangsa
d. ideologi dalam suatu bangsa merupa kan kekuatan negara

18. Melaksanakan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila sebagai dasar negara merupakan keharusan karena ….
a. sesuai dengan kesepakatan kita bersama
b. memang membahagiakan kita
c. kepribadian bangsa Indonesia sejak dulu kala
d. dinyatakan dalam Pembukaan UUD 1945

19. Sebagai bukti bahwa Pancasila sebagai ideologi nasional dan merupakan kristalisasi dari nilailuhur budaya bangsa yaitu sebagai berikut, kecuali ….
a. Pancasila secara formal ter dapat dalam UUD 1945
b. unsur-unsur Pancasila terdapat dalam dalam adat dan kebiasa an bangsa Indonesia
c. unsur-unsur Pancasila adalah ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan
d. rumusan Pancasila terdapat dalam Pembukaan UUD 1945 alinea keempat

20. Kesadaran kita dalam melak sanakan idiologi Pancasila dapat kita wujudkan dalam bidang hukum, seperti ….
a. melaksanakan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
b. ikut mempertahankan bangsa
c. tidak membedakan antara orang kaya dan miskin
d. ikut serta dalam pemilihan umum dan mem berikan hak suaranya

21. Sejarah bangsa Indonesia menunjukkan bahwa kepercayaan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa merupakan salah satu ciri khas. . . .
a. kepribadian bangsa Indonesia
b. kepatuhan bangsa Indonesia
c. ketaatan bangsa Indonesia
d. kewajiban bangsa Indonesia

22. Persatuan dan kesatuan bangsa perlu kita pertahankan serta dibina terus menerus. Untuk itu kita memerlukan perekat, pengikat, dan pemersatu yang berupa . . . .
a. asas senasib dan sepenanggungan
b. falsafah negara Pancasila
c. bendera sang Merah Putih
d. semboyan Bhinneka Tunggal Ika

23. Di bawah ini yang bukan merupakan contoh pengamalan sila keempat ialah . . . .
a. menaati tata tertib diskusi
b. menghormati pendapat orang lain
c. menghormati orang yang sedang beribadah
d. tidak memaksakan kehendak

24. Pembukaan UUD 1945 tidak dapat diubah oleh siapapun termasuk oleh MPR hasil pemilu, karena . . . .
a. bila Pembukaan UUD 1945 diubah berarti membubarkan negara Republik Indonesia yang diproklamasikan 17 Agustus 1945
b. jika Pembukaan UUD 1945 diubah akan menimbulkan perpecahan bangsa
c. bila Pembukaan UUD 1945 diubah akan mengancam persatuan bangsa
d. apabila Pembukaan UUD 1945 diubah berarti tidak menghargai jasa para pahlawan nasional

25. Untuk meraih kesejahteraan bersama berdasarkan keadilan sosial, kita harus mengembangkan . . . .
a. pemerataan kesempatan kerja
b. usaha bersama yang menguntungkan
c. usaha bersama untuk mewujudkan kesejahteraan
d. usaha bersama untuk mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial

26. Pancasila memiliki segala sesuatu yang berguna bagi rohani manusia, artinya Pancasila memiliki nilai . . . .
a. material c. kerohanian
b. vital d. pragmatis

27. Mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari disebut juga pengamalan Pancasila secara . . . .
a. subjektif c. etis
b. objektif d. estetis

28. Pancasila hadir bersamaan dengan adanya bangsa Indonesia pada abad XIV (Kerajaan Nusantara), maka Pancasila merupakan . . . .
a. ciri kepribadian bangsa Indonesia
b. jiwa bangsa
c. ideologi bangsa
d. dasar negara

29. Nilai-nilai dasar Pancasila dapat dikembangkan dengan menerima pemikiran-pemikiran baru sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman, kebutuhan bangsa dan negara, karena Pancasila merupakan ideologi . . .
a. tertutup c. praktis
b. terbuka d. tertutup dan terbuka

30. Mengamalkan Pancasila untuk mengatur penyelenggaraan pemerintahan negara Republik Indonesia, merupakan pengamalan Pancasila sebagai . . . .
a. sumber segala sumber tertib hukum
b. dasar negara
c. cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia
d. falsafah bangsa Indonesia

31. Karena Indonesia bersifat majemuk, maka diperlukan filsafat yang dapat mempersatukan pandangan kenegaraan, yaitu. . . .
a. way of life yang bersifat tunggal
b. menyatunya aspirasi pada satu partai politik yang kuat
c. kesamaan asas kerohanian dan karakteristik bangsa
d. pandangan hidup yang dapat diterima semua pihak

32. Suasana kebatinan atau cita-cita hukum dasar negara Republik Indonesia terangkum dalam . . . .
a. peraturan perundangan yang telah berlaku
b. empat pokok pikiran Pembukaan UUD 1945
c. pidato kenegaraan presiden menjelang 17 Agustus
d. berbagai ketetapan dan keputusan MPR

33. Karena nilai dasar Pancasila tetap dan tidak mengalami perubahan, maka Pancasila tergolong pada ideologi yang . . . .
a. inovatif c. kaku
b. terbuka d. kontemporer

34. Fungsi filsafat Pancasila dalam hubungan dengan ideologi-ideologi di dunia adalah sebagai . . . .
a. unsur ideologi setiap bangsa
b. perbandingan perkembangan ideologi
c. perpaduan filsafat dan ideologi
d. penyaringan masuknya ideologi asing

35. Corak negara yang menganut ideologi fasisme mengutamakan . . . .
a. kekuasaan negara
b. kesejahteraan bersama
c. kemakmuran rakyat
d. keadilan sosial

36. Hubungan antara Pancasila dan Proklamasi kemerdekaan adalah . . . .
a. Proklamasi kemerdekaan menjadi dasar berlakunya Pancasila
b. Pancasila memberi motivasi perjuangan kemerdekaan
c. Teks Proklamasi dirumuskan bersamaan dengan Pancasila
d. Pancasila menjadi dasar perumusan teks Proklamasi

37. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1) Memberi arah yang mantap menuju tujuan masyarakat.
2) Membentuk identitas bangsa.
3) Untuk mengatasi berbagai konflik dan ketegangan sosial.
4) Memperdalam dinding pemisah dari berbagai keanekaragaman kehidupan.
5) Meningkatkan kesejahteraan individu.
Pernyataan di atas yang merupakan arti penting ideologi bagi suatu bangsa ditunjukkan oleh nomor . . . .
a. 2, 3, dan 4 c. 1, 3, dan 5
b. 3, 4, dan 5 d. 1, 2, dan 3

38. Pancasila sebagai dasar falsafah negara meliputi . . . .
a. keinginan segolongan masyarakat dalam mencapai tujuan hidupnya
b. kekuatan yang mengikat kaum individualis
c. cita-cita hukum yang terkandung dalam UUD 1945
d. kebebasan mutlak para pendiri negara

39. Yang bukan merupakan kekuatan Pancasila dalam kehidupan bangsa Indonesia adalah . . . .
a. menerima dan mengembangkan pemikiran-pemikiran asing tanpa batas
b. memiliki nilai-nilai dasar yang kuat dan tumbuh dari budaya bangsa Indonesia
c. memiliki kekuatan sejarah perjuangan bangsa Indonesia
d. memiliki pedoman yang untuk menangkal segala bentuk ancaman

40. Bentuk pengamalan Pancasila yang mengandung nilai moral kemanusiaan adalah . . . .
a. mengakui Ke-Bhinneka Tunggal Ika-an sebagai arah pembinaan persatuan dan kesatuan bangsa
b. menghargai sesama manusia yang memiliki rasa, cipta, cinta, karsa, dan keyakinan
c. kedaulatan negara ada di tangan rakyat
d. mewujudkan cita-cita masyarakat yang adil makmur merata material dan spritual.

41. Apabila tidak memiliki pandangan hidup, suatu bangsa akan merasa terus-menerus terombang-ambing dalam menghadapi berbagai ....
a. persoalan besar yang timbul, baik persoalan-persoalan di masyarakatnya sendiri, maupun persoalan besar dalam pergaulan masyarakat bangsa-bangsa di dunia
b. gejolak yang ada dalam lingkungannya sendiri
c. permasalahan yang datang dari luar negeri
d. perkembangan zaman yang tidak menentu berakibat pada kemerosotan nilai

42. Pancasila sebagai dasar negara harus dimengerti kegunaannya, salah satu di antaranya untuk ....
a. melandasi segala sesuatu kehidupan bernegara
b. alat yang dapat digunakan untuk mengatur negara
c. pedoman bagi yang ingin maju saja
d. menangkal musuh yang akan menghancurkan bangsa Indonesia

43. Tanpa mengerti, memahami, menghayati, dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, Pancasila hanya akan menjadi ....
a. sejarah bagi generasi mendatang
b. rangkaian kata-kata indah yang tertulis dalam Pembukaan UUD 1945 yang merupakan rumusan yang beku dan mati, serta tidak mempunyai arti bagi kehidupan bangsa Indonesia
c. perbuatan kurang baik dalam kehidupan di masyarakat
d. malapetaka bagi kehidupan rumah tangga

44. Mengembangkan sikap toleransi antarumat beragama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan negara ini merupakan pencerminan dari Pancasila, sila ....
a. Ketuhanan Yang Maha Esa
b. Kemanusiaan yang adil dan beradab
c. Persatuan Indonesia
d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan

45. Salah satu tujuan negara kita tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, yaitu ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan ....
a. kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial
b. ketahanan nasional yang mantap
c. keadilan sosial yang merata
d. politik luar negeri yang bebas dan aktif

46. Sisi negatif dari kemajuan Iptek dapat membentuk paham atau sikap sebagai berikut, kecuali sikap ....
a. materialisme
b. sekularisme
c. individualisme
d. demokratis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

47. Ideologi dapat dipandang sebagai pemikir-an yang timbul karena ....
a. kepentingan individu
b. pertimbangan kepentingan
c. kondisi masyarakat yang labil
d. budaya bangsa yang sudah merdeka

48. Sebagaimana yang tertulis dalam alinea keempat Pembukaan UUD, Pancasila 1945 dijadikan ....
a. pandangan hidup bangsa Indonesia
b. falsafah hidup bangsa Indonesia
c. dasar negara
d. tujuan yang hendak dicapai bangsa Indonesia

49. Ada ciri menonjol dari ideologi komunis yang sangat bertentangan dengan ideologi negara Pancasila. Salah satu di antaranya ....
a. memperlakukan agama dengan baik
b. negara selalu memperhatikan kebebasan umat untuk beragama
c. para pimpinan agama mendapat tempat yang sangat mulia.
d. tidak mengakui adanya Tuhan (atheis)

50. Sebagai ideologi negara atau sebagai pandangan hidup bangsa, Pancasila merupakan ....
a. dasar untuk dapat bekerja sama dengan bangsa yang sudah maju
b. pedoman untuk dapat menguasai negara lain
c. perisai utama terhadap sisi negatif dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
d. perjanjian hukum yang telah disepakati oleh dunia

51. Secara sederhana ideologi berarti suatu gagasan yang ....
a. berdasarkan pemikiran yang sedalam-dalamnya dan merupakan pemikiran filsafat
b. digunakan untuk segala kelompok cita-cita
c. mau dijunjung tinggi sebagai pedoman normatif
d. disusun sistematis dan diberi petunjuk

52. Dalam alinea pertama Pembukaan UUD 1945 terkandung motivasi, dasar, dan pembenaran perjuangan kemerdekaan yang merupakan ....
a. hak bagi negara yang mau merdeka
b. hak segala bangsa dan penjajahan yang bertentangan dengan perikemanusiaan dan perikeadilan
c. hak dari bangsa lain
d. perwujudan dari bangsa lain

53. Bentuk kerukunan umat beragama dan penganut kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dapat diwujudkan melalui ...
a. taat dan patuh pada ketentuan agama masing-masing
b. kerja sama antarumat beragama dan penganut kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
c. kerja sama dan rukun antarumat beragama
d. keyakinan terhadap kitab suci masing-masing pemeluk agama

54. Paham integralistis yang dikemukakan oleh Prof. Dr. Soepomo, bahwa di dalam negara semua pihak mempunyai ...
a. fungsi berbeda
b. fungsi masing-masing dalam satukesatuan yang utuh
c. tujuan yang jelas
d. pandangan hidup yang jelas

55. Ideologi liberalisme tidak cocok di dalam negara Pancasila, salah satu bentuknya di bidang ekonomi hanya di ...
a. serahkan kepada pemerintah saja
b. serahkan oleh penguasa tertentu
c. serahkan sepenuhnya kepada kepentingan perseorangan
d. lakukan di daerah perkotaan atau di kota-kota

56. Secara historis, nilai-nilai Pancasila sudah dimiliki oleh bangsa Indonesia sejak ...
a. Prakemerdekaan Indonesia
b. Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945
c. bangsa Indonesia sudah bisa berdiri sendiri
d. dipimpin oleh rakyatnya sendiri

57. Pancasila sebagai ideologi nasional bersumber dari ....
a. kebudayaan bangsa Indonesia sendiri
b. kepribadian para pendiri negara
c. para pemikir negara
d. harkat yang berlaku dalam negara

58. Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang majemuk. Kemauan dan kemampuan mengendalikan diri dari semua pihak sangat diharapkan, karena akan ...
a. menciptakan ketenteraman dalam masyarakat
b. menciptakan kehidupan yang merdeka
c. menambah manfaat di negaranya sendiri
d. menambah wawasan

59. Berdasarkan Pembukaan UUD 1945 alinea ketiga, bahwa kemerdekaan ....
a. adalah hak segala bangsa
b. atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa
c. hasil perjanjian luhur bangsa Indonesia
d. atas kompromi dari pemerintah Jepang

60. Menurut sila ketiga Pancasila, bahwa negara Indonesia adalah ...
a. negara yang terdiri dari berbagai corak negara yang merupakan satu-kesatuan
b. tidak lepas dari masyarakat
c. merupakan hasil kerja keras dari seluruh bangsa
d. tidak perlu kerja keras karena sudah bersatu

61. Istilah ideologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu gabungan dua kata idea dan logos yang berarti ….
b. pengetahuan tentang ide-ide
c. pengetahuan tentang politik
d. pengetahuan tentang kenegaraan
e. pengetahuan tentang keyakinan

62. Berikut yang bukan merupakan konsep yang terkandung dalam ideologi ….
a. prinsip-prinsip hidup berbangsa dan bernegara
b. dasar kehidupan berbangsa dan bernegara
c. arah tujuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
d. kebanggaan negara

63. Ideologi suatu bangsa pada umumnya bersum ber pada ….
a. nenek moyangnya
b. negara penjajah
c. budaya dan pengalaman sejarah masyarakatnya
d. kebiasaan sehari-hari

64. Berikut merupakan urutan yang benar unsurunsur yang ada dalam ideologi, yaitu ….
a. interpretasi, logika, dan retorika
b. logika, interpretasi, dan retorika
c. prestasi, logika, dan etika
d. retorika, prestasi, dan etika

65. Unsur-unsur yang memuat seperangkat nilai atau petunjuk untuk menuntun moral disebut ….
a. logika c. retorika
b. etika d. interpretasi

66. Fungsi ideologi sebagai keseluruhan pengetahuan yang dapat dijadikan landasan untuk memahami dan menafsirkan dunia dan kejadian-kejadian alam sekitarnya disebut ….
a. struktur kognitif c. norma-norma
b. orientasi dasar d. pendidikan

67. Istilah Pancasila kali petama ditemukan dalam Buku Sutasoma karangan ….
a. Empu Sinduk c. Empu Tantular
b. Empu Prapanca d. Empu Gandring

68. Perumusan dasar negara Indonesia dilakukan melalui sidang BPUPKI, yang berlangsung antara tanggal ….
a. 29 Mei 1945 sampai 1 Juni 1945
b. 30 Mei 1945 sampai 1 Juni 1945
c. 31 Mei 1945 sampai 1 Juni 1945
d. 31 Mei 1945 sampai 3 Juni 1945

69. Tokoh yang menyampaikan lima asas Negara Indonesia Merdeka, yang berisi Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, dan Peri Kesejahteraan Rakyat ialah ….
a. Mohammad Yamin
b. Prof. Dr. Mr. Supomo
c. Ir. Soekarno
d. Mohammad Hatta

70. Pada 22 Juni 1945, Panitia Sembilan berhasil merumuskan Rancangan Pembukaan UUD 1945 yang kemudian dikenal sebagai ….
a. Dasa Sila Bandung c. Pancasila
b. Piagam Djakarta d. Piagam HAM

71. Bekerja keras bermanfaat bagi kehidupan seseorang karena dengan bekerja keras kita dapat ....
a. menjadi orang kaya
b. memenuhi setiap keinginan
c. memiliki semua kebutuhan hidup
d. meningkatkan kesejahteraan hidup
Sumber: Ujian Nasional SMP 2003

72. Pancasila sebagai jiwa dari semua sikap dan perilaku setiap manusia Indonesia adalah Pancasila sebagai ….
a. dasar negara
b. pandangan hidup
c. kepribadian bangsa
d. perjanjian luhur bangsa Indonesia

73. Pancasila yang memuat cita-cita dan tujuan nasional terkandung dalam ….
a. Pembukaan UUD 1945
b. sila Pancasila
c. Batang Tubuh UUD 1945
d. Undang-undang

74. Segala sesuatu yang beguna bagi unsur jasmani manusia disebut ….
a. nilai material c. nilai kerohanian
b. nilai vital d. nilai estetika

75. Salah satu ciri sikap setia terhadap bangsa dan negara, antara lain ....
a. bekerja keras untuk kemakmuran diri, keluarga, bangsa, dan negara
b. patuh dan taat pada aturan yang dapat membe ri kan kebahagiaan
c. membela tanah air, bangsa, dan negara jika memperoleh penghargaan dari pemerintah
d. menghormati pemerintah serta pemimpin yang mejadi kebanggaan

76. Usaha bangsa Indonesia agar Pancasila tetap dijadikan ideologi negara adalah ....
a. dengan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
b. menjadikan Pancasila sebagai tujuan hidup
c. merumuskan kembali nilai-nilai Pancasila
d. menghafal dan menghayati nilai-nilai Pancasila

77. Contoh peran serta warga negara dalam kegiatan pemerintah adalah ....
a. menunjukkan kekayaan
b. membangun hotel-hotel berbintang
c. bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan
d. membayar pajak tepat pada waktunya
Sumber: Ujian Nasional SMP 2005

78. Gotong royong perlu kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari karena ....
a. merupakan kebiasaan suku bangsa
b. merupakan ciri khas daerah tertentu
c. dapat mewujudkan ketenangan lingkungan
d. dapat mewujudkan kesejahteraan bersama
Sumber: Ujian Nasional SMP 2005

79. Makna sikap berkorban adalah ....
a. menumbuhkan sikap mau bekerja keras
b. menumbuhkan sikap pengabdian yang tulus
c. meningkatkan kemampuan hidup mandiri
d. mengembangkan kepribadian yang mantap
Sumber:Ujian Nasional SMP 2003

80. Ideologi negara yang tidak mengakui adanya Tuhan, yaitu ....
a. liberalisme
b. komunisme
c. Pancasila
d. konservativisme

81. Ideologi dapat diartikan sebagai pandangan hidup mengenai sebuah masyarakat diatur demi mencapai tujuannya. Dengan demikian, ideologi berhubungan erat dengan ....
a. politik c. hukum
b. ekonomi d. pertahanan

82. Manfaat suatu negara memiliki ideologi negara agar ....
a. menjadi negara yang kuat
b. dapat bersaing dengan negara lain
c. dapat tercipta masyarakat adil dan makmur
d. dapat mengantar bangsa dan negara mencapai cita-citanya

83. Rumusan Pancasila yang sah dan resmi tercantum dalam ....
a. Pembukaan UUD 1945
b. Batang Tubuh UUD 1945
c. Piagam Jakarta
d. Penjelasan UUD 1945

84. Rumusan dasar negara di dalam sidang BPUPKI pertama disampaikan pada tanggal 31 Mei 1945 oleh ....
a. Mr. Moh. Yamin c. Ir. Soekarno
b. Prof. Soepomo d. Drs. Moh. Hatta

85. Sila-sila dalam Pancasila merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh, tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Hal itu merupakan ....
a. cita-cita bangsa Indonesia
b. kelemahan dari Pancasila
c. tujuan yang hendak dicapai
d. ciri khas bangsa Indonesia dengan yang lain

86. Pancasila dijabarkan dalam Batang Tubuh UUD 1945 dan berbagai peraturan perundangan yang berlaku. Hal itu merupakan cerminan Pancasila yang berkedudukan sebagai ....
a. perjanjian luhur
b. dasar negara
c. falsafah negara
d. doktrin negara

87. Dalam Pembukaan UUD 1945, rumusan Pancasila yang sah terdapat di dalam alinea ....
a. pertama c. ketiga
b. kedua d. keempat

88. Salah satu nilai-nilai luhur yang terdapat dalam sila pertama dari Pancasila adalah ....
a. mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia
b. tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain
c. tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
d. mengakui dan memperlakukan manusia sesuai harkat dan martabatnya sebagai makhluk ciptaan Tuhan

89. Sumpah Pemuda membawa pengaruh positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia karena ....
a. memantapkan kesadaran untuk bersatu
b. merupakan unjuk rasa para pemuda
c. mempererat persatuan pemuda
d. melahirkan pahlawan nasional

90. Pelaksanaan musyawarah untuk mufakat yang ditetapkan di negara kita sebenarnya ....
a. mengambil alih sistem negara lain
b. merupakan kepribadian bangsa Indonesia sendiri
c. mengombinasikan sistem-sistem dari negara barat
d. mengombinasikan sistem dari luar dan dari dalam negeri

91. Salah satu fungsi dari ideologi suatu bangsa adalah ….
a. sosial kontrol c. yuridis formal
b. sosial edukatif d. struktur kognitif

92. Ideologi bangsa Indonesia bersumber dari ….
a. pengaruh negara adidaya c. nilai-nilai kepribadian bangsa
b. doktrin para pendiri negara d. pengaruh ideologi penjajah

93. Dengan adanya ideologi suatu bangsa mempunyai pegangan dan pedoman untuk memecahkan masalah-masalah ….
a. politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan
b. politik, hukum, sosial budaya, dan ekonomi
c. hukum, ekonomi, budaya, dan keagamaan
d. kemasyarakatan, sosial budaya, ekonomi, dan hukum

94. Manfaat ideologi suatu bangsa, yaitu dengan ideologi bangsa tersebut ….
a. mempunyai semboyan bagaimana mempersatukan bangsanya
b. mempunyai cita-cita dan bagaimana cara mewujudkannya
c. mempunyai pedoman bagaimana bangsa itu membangun dirinya
d. mempunyai landasan bagaimana mengatur wilayahnya

95. Salah satu fungsi ideologi adalah memberi kekuataan yang mampu menyemangati dan mendorong seseorang untuk ….
a. menjalankan kegiatan dan mencapai tujuan
b. menjalankan tugas dan meraih cita-cita
c. melakukan perbuatan dan mencari keuntungan
d. membuat program dan membantu orang lain

96. Orang yang cenderung memisahkan antara kehidupan dunia dan akhirat berarti memiliki ideologi ….
a. kapitalisme c. sosialisme
b. individualisme d. sekurelisme

97. Ideologi yang dilarang berkembang di Indonesia adalah ….
a. monoteisme c. komunisme
b. kapitalisme d. materialisme

98. Suatu negara yang menganut sistem liberalisme berarti tetap menjamin kebebasan individu dan manusia ….
a. secara bersama-sama dalam mengatur negara
b. dalam kehidupan sehari-hari bersama-sama orang lain
c. secara kelompok dalam mengatur masyarakat
d. secara sendirian dalam berhubungan dengan negara

99. Istilah Pancasila sudah dikenal sejak zaman Majapahit pada abad ke-14 dan terdapat dalam buku ….
a. Sutasoma dan Bharatayuda
b. Negarakertagama dan Sutasoma
c. Bharatayuda dan Arjunawiwaha
d. Negarakertagama dan Bharatayuda

100. Istilah Pancasila yang dipakai Sukarno pada saat menyampaikan pidatonya di depan Sidang BPUPKI pada tanggal ….
a. 29 Mei 1945 c. 17 Agustus 1945
b. 1 Juni 1945 d. 18 Agustus 1945

101. Ideologi yang dapat menghilangkan rasa kebersamaan dan kegotong-royongan adalah ….
a. Pancasila c. fasisme
b. sosialisme d. individualisme

102. Ideologi yang berpandangan mengenai kebebasan individu sebagai basis demokrasi dan merupakan fundamental adalah ….
a. sosialisme c. liberalisme
b. individualisme d. materialisme

103. Ideologi elitisme mempunyai kecenderungan bergaya hidup tertentu dan ….
a. berbeda dengan kebanyakan orang
b. meniru orang-orang yang sukses
c. mengabaikan kelompok lain yang miskin
d. meniru para pemimpin yang hidup mewah

104. Ideologi suatu bangsa mencerminkan ….
a. tingkat sosial ekonomi warga negaranya
b. sikap mental pemimpinnya
c. sifat generasi muda
d. sifat warga negaranya

105. Pancasila sebagai dasar negara tercantum dalam ….
a. Teks Proklamasi 17 Agustus 1945
b. Dekrit Presiden 5 Juli 1959
c. Pembukaan UUD 1945
d. Batang Tubuh UUD 1945

106. Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara, artinya .…
a. ditulis dalam lambang negara
b. dijadikan dasar mengatur negara
c. diajarkan pada pendidikan formal
d. ditulis di dalam dokumen negara

107. Pemberontakan G30S/ PKI pada hakikatnya bertujuan untuk ….
a. mengganti Pancasila dengan komunis
b. mengganti Presiden/Wakil Presiden
c. mencegah pemerintahan otoriter
d. mengganti kabinet

108. Bangsa Indonesia memilih Pancasila yang merupakan kepribadian bangsa dijadikan ideologi negara sebab .…
a. Pancasila sesuai dengan piagam PBB
b. Pancasila ideologi yang dikenal bangsa lain
c. negara lain mengagumi keampuhan Pancasila
d. mengambil ideologi lain sangat mahal dan hanya coba-coba

109. Pancasila sesuai dengan kodrat manusia karena mampu menjaga keserasian hubungan antara ....
a. manusia dengan Tuhan, dengan sesama dan dengan alam semesta
b. manusia yang satu dengan lainnya serta dengan Tuhan
c. bangsa yang satu dengan bangsa lainnya
d. pemerintah dengan tokoh masyarakat dan dengan rakyat

110. Nilai-nilai keadilan di dalam Pancasila memiliki makna .…
a. sama rata, sama rasa
b. yang lemah selalu ditolong
c. kekeluargaan dan gotong-royong
d. yang kuat memberi donor

111. Pancasila sila kesatu menuntun manusia untuk ….
a. mempelajari agama / kepercayaan orang lain
b. memperhatikan peribadatan orang lain
c. membantu tetangga yang kekurangan
d. percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa

112. Batas-batas keterbukaan ideologi Pancasila antara lain ….
a. penciptaan norma yang harus melalui konsensus
b. pembentukan pemimpin harus melalui pemilihan
c. pengangkatan pejabat harus secara jujur dan terbuka
d. pengamalan Pancasila harus sesuai tuntunan

113. Sikap yang perlu kita kembangkan demi kelestarian ideologi Pancasila adalah….
a. membandingkan ideologi Pancasila dengan ideologi lain
b. menghayati, meyakini, dan mengamalkan Pancasila
c. mengambil inti sari dari nilai-nilai Pancasila
d. mengkaji nilai-nilai Pancasila melalui seminar

114. Setiap warga negara Indonesia wajib menjaga kemurnian Pancasila dengan tetap ....
a. memperhatikan adat-istiadat
b. menghargai kebudayaan daerah
c. terbuka terhadap nilai-nilai baru
d. menghormati ajaran agama

115. Contoh peran serta warga negara dalam mempertahankan Pancasila dalam lingkungan masyarakat yaitu ....
a mengembangkan sikap toleransi
b mengikuti kegiatan para pemuda
c menuruti permintaan tetangga
d suka mengalah dalam pergaulan


65 Contoh Soal tentang Ideologi Pancasila Uraian Essay

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan singkat dan tepat.

1. Apakah yang dimaksud dengan ideologi?
2. Apakah fungsi ideologi bagi bangsa Indonesia?
3. Uraikan bahwa nilai-nilai Pancasila merupakan kristalisasi nilai luhur bangsa Indonesia.
4. Sebutkan isi dari Pancasila menurut Ir. Soekarno dalam sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945.
5. Apakah yang dimaksud dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka?

6. Kemukakan kecenderungan yang terjadi jika Pancasila tidak dilaksanakan secara totalitas melainkan terpisah-pisah.
7. Sebutkan fungsi Pancasila sebagai dasar negara.
8. Sebutkan tujuan negara yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945.
9. Apakahkah yang menjadi alasan bangsa Indonesia memilih Pancasila sebagai ideologi nasional bukan ideologi yang sudah ada di negara lain?
10. Sebutkan tiga contoh sikap mempertahankan melestarikan Pancasila sebagai ideologi nasional.

11. Menurutmu apakah yang dimaksud dengan ideologi?
12. Terangkan konsep-konsep yang terkandung dalam ideologi.
13. Sebutkan konsep yang terkandung dalam ideologi Pancasila.
14. Ungkapkan unsur-unsur yang terkandung dalam ideologi.
15. Sebutkan dan uraikan fungsi-fungsi dari ideologi.

16. Apakah yang melatarbelakangi Pancasila dijadi kan ideologi dan dasar negara Indonesia?
17. Tuliskan rumusan yang terkandung dalam Piagam Djakarta.
18. Tuliskan Pancasila sebagai dasar negara, pan dangan hidup, kepribadian bangsa, perjan jian luhur bangsa Indonesia, cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia.
19. Jabarkan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.
20. Bagaimana cara menunjukkan sikap positif nilainilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari?

21. Pancasila merupakan milik seluruh bangsa, maka dari itu harus . . .
22. Kita senang hidup di negara Pancasila, karena . . . .
23. Ideologi nasional bangsa Indonesia yang tercermin dan terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 adalah ideologi . . . .
24. Pancasila bersifat integralistik, yaitu paham tentang hakikat negara yang . . .
25. Keunggulan ideologi Pancasila dibandingkan ideologi komunis yang sangat mencolok, contohnya . . .

26. Pancasila berakar dari pandangan hidup bangsa dan falsafah bangsa, sehingga memenuhi prasyarat suatu . . .
27. Pancasila sebagai ideologi terbuka, mempunyai ciri khas yang jelas yaitu . . .
28. Nilai atau norma yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 tidak boleh diubah, karena itu adalah pilihan dan hasil konsensus bangsa yang disebut . . .
29. Kemanusiaan yang adil dan beradab mengandung pengertian . . .
30. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan, berartibahwa . . .

31. Pancasila yang dikemukakan dalam sidang I BPUPKI pada 1 Juni 1945 dimaksudkan untuk ….
32. Kristalisasi dari nilai-nilai yang dimiliki suatu bangsa yang diyakini kebenarannya dan menimbulkan tekad pada bangsa itu untuk mewujudkannya disebut ….
33. Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara Indonesia pada tanggal ….
34. Upaya untuk menyimulasikan dan mempertahankan Pancasila dapat dilakukan melalui dua jalur, yaitu … dan ....
35. Untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat, perekonomian bangsa Indonesia disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas ….

36. Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan ….
37. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban adalah salah satu nilai luhur dalam sila ….
38. Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan merupakan pengamalan Pancasila sila ….
39. Musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan ….
40. Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara Indonesia pada tanggal ....

41. Apakah yang dimaksud dengan ideologi?
42. Susunan Pancasila adalah majemuk tunggal (merupakan satu-kesatuan yang bersifat organis). Apa maksudnya?
43. Apakah yang dimaksud dengan ideologi terbuka?
44. Sebutkan faktor pendorong keterbukaan ideologi Pancasila!
45. Sebutkan perbedaan yang sangat mencolok antara ideologi Pancasila dengan ideologi komunis!

46. Apakah yang dimaksud dengan sifat-sifat berikut ini.
a. Materialisme. c. Individualisme.
b. Sekularisme. d. Elitisme.
47. Jelaskan bahwa Pancasila bersifat integralistik!
48. Sebutkan ciri-ciri yang dimiliki ideologi liberalisme!
49. Sebutkan makna yang terkandung dalam alinea keempat Pembukaan UUD 1945!
50. Sebutkan berbagai sikap yang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan berikut ini.
a. Keluarga. c. Masyarakat.
b. Sekolah. d. Negara

51. Jelaskan mengapa suatu ideologi penting bagi suatu negara!
52. Jelaskan apa kelebihan ideologi Pancasila dari ideologi-ideologi lainnya di dunia!
53. Mengapa kita harus mempertahankan ideologi Pancasila?
54. Jelaskan pengertian Pancasila sebagai:
a) Ideologi bangsa
b) Dasar negara
c) Falsafah bangsa
d) Kepribadian bangsa
e) Jiwa bangsa Indonesia
f) Cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia
g) Sumber segala sumber hukum di Indonesia
h) Perjanjian luhur bangsa Indonesia

55. Berikan contoh pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di dalam lingkungan:
a) Keluarga
b) Sekolah
c) Masyarakat

56. Jelaskan fungsi Pancasila sebagai dasar negara!
57. Di mana kita dapatkan rumusan Pancasila yang sah dan bagaimana rumusan Pancasila tersebut?
58. Sebutkan hal-hal yang dapat dilakukan dalam upaya mempertahankan ideologi Pancasila!
59. Sebutkan beberapa contoh sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai luhur gemar melakukan kegiatan kemanusiaan di lingkungan sekolah!
60. Jelaskan perbedaan pandangan terhadap hak dan asasi manusia antara ajaran Pancasila, komunis, dan liberalisme!

61. Jelaskan kedudukan Pancasila menurut Ketetapan MPR No. XVIII/MPR/1998!
62. Sebutkan faktor-faktor yang melatarbelakangi Pancasila dijadikan ideologi negara!
63. Tunjukkan tiga contoh penjabaran nilai-nilai kemanusiaan yang terkandung di dalam Pancasila!
64. Tunjukkan tiga contoh perilaku positif terhadap ideologi Pancasila di lingkungan sekolah!
65. Bagaimanakah sikapmu jika di sekolah ada kegiatan yang bertentangan dengan Pancasila?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "180 Contoh Soal Materi Ideologi Pancasila (Pilihan Ganda & Essay)"

Posting Komentar