Perlengkapan Bulu Tangkis (Raket, Bola Shuttlecook, Net)

       Bulu tangkis berasal dari olahraga Poona dari India. Permainan ini dibawa ke Inggris tahun 1873. Permainan ini dimainkan di istana milik Duke de Beufort di Badminton Glouchestershire sehingga disebut Badminton. Pada tanggal 5 juli 1934 dibentuk IBF (International Badminton Federation) atau organisasi bulu tangkis dunia. Di Indonesia dibentuk PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia) pada tahun 1951.1. Ukuran lapangan bulu tangkis
    Ukuran lapangan bulu tangkis untuk permainan tunggal panjangnya 13,40 meter dan lebar 5,18 meter. Ukuran lapangan bulu tangkis untuk permainan ganda panjangnya 11,88 meter dan lebar 6,10 meter.

2. Perlengkapan Permainan Bulu Tangkis
1) Raket bulu tangkis 
2) Bola (Shuttlecook)
    Dibuat dari bahan bulu angsa yang dibalut dengan lapisan kulit yang tipis. Harus memiliki 16 bulu yang tertancap antara 62-70 mm, yang diukur dari ujung hingga bagian atas bola. Bulu-bulu harus diikat dengan benang atau bahan lain dengan kuat. Berat bola antara 4,74-5,50 gram.
3) Net atau jaring dengan panjang sekurang-kurangnya 6,1 meter dan lebar 76 cm. Tinggi net ditengah
lapangan 1,524 m, dan dari garis samping lapangan permainan ganda setinggi 1,55 m.

3.Teknik Dasar
a. Teknik Memegang Raket (Grip)
    Salah satu teknik dasar bulu tangkis yang sangat penting dikuasai secara benar oleh setiap calon pebulu
tangkis adalah pegangan raket. Menguasai cara dan teknik pegangan raket yang betul, merupakan modal penting untuk dapat bermain bulu tangkis dengan baik pula
 b. Gerakan Pegangan tangan
    Pada dasarnya, dikenal beberapa cara pegangan raket. Namun, hanya dua bentuk pegangan yang sering digunakan dalam praktek, yaitu cara memegang raket forehand dan backhand. Semua jenis pukulan dalam bulu tangkis dilakukan dengan kedua jenis pegangan ini. Pegangan raket yang benar, dan memanfaatkan tenaga pergelangan tangan pada saat memukul kok, dapat meningkatkan mutu pukulan dan mempercepat laju jalannya kok.
 c. Gerakan Melangkahkan Kaki (Footwork)
    Sikap dan langkah kaki yang benar dalam permainan bulu tangkis, sangat penting dikuasai secara benar oleh setiap pemain. Ini sebagai syarat untuk meningkatkan kualitas keterampilan memukul kok.
 d. Teknik Pukulan
    Pukulan pada permainan bulu tangkis dilakukan dengan pukulan servis. Servis merupakan modal awal untuk bisa memenangkan pertandingan. Dengan kata lain, seorang pemain tidak bisa mendapatkan angka apabila tidak bisa melakukan servis dengan baik. Namun, biasanya servis digabungkan ke dalam jenis yaitu servis forehand dan backhand.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perlengkapan Bulu Tangkis (Raket, Bola Shuttlecook, Net)"

Posting Komentar