Pengertian Gadab (Marah), Contoh dan Bahaya Gadab (Marah)

1. Pengertian Gadab
      Gadab disebut juga marah. Gadab merupakan perilaku tercela yang harus dijauhi. Gadab dapat timbul ketika keinginan tidak tercapai. Seseorang marah ketika maksud yang dituju tidak tercapai. Pada saat seperti emosi seseorang bisa memuncak dan menimbulkan gadab.
Emosi yang membakar hati dan otak terlihat dari berubahnya kondisi anggota tubuh. Mata menjadi memerah dan tampak tegang serta kulit badan pun menjadi merah. Kondisi tersebut mencerminkan kobaran api yang membakar hati. Ibarat kaca yang mencerminkan benda yang ada di dalamnya.
       Seseorang yang memiliki perilaku gadab adalah orang yang lemah meskipun fisiknya kuat. Ia termasuk orang yang lemah karena tidak mampu mengendalikan emosinya. Perhatikan sabda Rasulullah saw. berikut ini.
Artinya: Dari Abu Hurairah r.a., bahwasanya Rasulullah saw. bersabda: ”Bukanlah orang kuat itu orang yang kuat dalam bergulat. Orang kuat yang sebenarnya adalah orang yang mampu mengendalikan dirinya ketika marah. (H.R. Bukhari)

2. Contoh dan Bahaya Gadab
      Contoh perilaku gadab dapat ditemukan dalam keseharian.
Misalnya, temanmu berbuat salah kepadamu. Ketika ia meminta maaf, permohonan maaf tersebut kamu sambut dengan kemarahan. Kamu memaki bahkan mencelanya untuk membalas sakit hatimu.
Gadab dapat timbul akibat beberapa perilaku atau sifat tertentu. Misalnya, sifat takabur, ujub, cinta yang berlebihan pada harta benda, dan khianat. Jika sifat-sifat tersebut masih ada dalam hati, kemungkinan sifat gadab masih dapat muncul. Takabur dan ujub merupakan perilaku tercela yang jika kamu dapat terbebas darinya akan muncul perilaku menghormati orang lain.
Amarah yang menguasai hati dan diri seseorang dapat menyebabkan pikiran tidak jernih. Seseorang yang sedang marah hati dan jiwanya dikuasai oleh emosi. Pada saat seperti itu perilakunya tidak terkontrol. Amarah yang menguasai hati dan jiwa menyebabkan seseorang melampiaskannya pada apa yang ditemui. Keadaan seperti itu tentu berbahaya karena hati adalah nakhoda tubuh manusia. Gadab atau amarah berpengaruh pada perbuatan tubuh.
      Misalnya memukul, menendang, menganiaya, bahkan melukai orang lain. Pengaruh gadab juga dapat terlihat pada lisan. Seseorang yang sedang marah tidak mampu mengendalikan ucapannya. Ia mudah mengejek, mencela, bahkan mencaci maki orang lain. Pengaruh gadab juga dapat ditemukan pada hati. (PAI Karwadi dkk)

     Gadab atau amarah akan menimbulkan kebencian, kebahagiaan jika orang lain mendapat kesulitan, merencanakan kejahatan, dan perbuatan tercela lainnya.
Perilaku gadab jika dilakukan tanpa alasan yang dapat dibenarkan hanya akan menimbulkan kerugian. Meskipun demikian, bukan berarti kita tidak boleh marah. Bahkan, kita diperintahkan untuk marah dalam keadaan tertentu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Gadab (Marah), Contoh dan Bahaya Gadab (Marah)"

Posting Komentar