Tahap-Tahap Menulis Karya Ilmiah dan Contoh Kerangka Karya Ilmiah

Karya Ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.  Karya ilmiah merupakan bentuk karya tulis. Ciri karya ilmiah utamanya terletak pada bentuk, bahasa, dan isinya. Bentuknya sesuai dengan ketentuan yang lazim. Bahasanya baku, sedangkan isinya, kecuali ilmiah, juga benar.
Tahap-Tahap menulis karya ilmiah adalah:
1. menentukan topik
2. menyusun kerangka,
3. mengumpulkan bahan tulisan
4. mengembangkan kerangka,
5. menyunting.


       Menentukan topik itu gampang-gampang susah. Disebut gampang karena sumber karya tulis cukup banyak. Dikatakan susah karena topik yang dipilih mungkin susah ditemukan, terlalu luas, atau justru terlalu terbatas. Topik yang terlalu luas akan menghasilkan tulisan yang terlalu umum dan dangkal. Sebaliknya, topik yang terlalu terbatas akan menghasilkan tulisan yang hanya menyajikan hal-hal yang remeh-remeh.  
Idealnya topik yang dipilih itu memiliki:
(1) bermakna, artinya bermanfaat untuk memperluas wawasan atau pengetahuan pembaca,
(2) menarik minat dan memicu semangat penulis semangat untuk mengembangkannya,
(3) menarik dan merangsang pembaca, dan
(4) sudah dikenal penulis, tidak terlalu luas tetapi juga tidak terlalu terbatas.
     Apabila topik sudah ditetapkan, kegiatan selanjutnya adalah menentukan tujuan tulisan sebagai arah untuk mencari bahan, informasi, dan penyajiannya. Karya ilmiah biasanya memuat tiga bagian, yaitu pendahuluan, tubuh karangan, dan penutup. Pada jenis karya ilmiah tertentu terdapat beberapa bagian tambahan.
      Pendahuluan biasanya memuat halaman judul, halaman pengesahan, halaman persembahan / motto, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, arti lambang, singkatan, dan abstrak (ringkasan). Nomor halaman bagian ini ditulis dengan angka Romawi kecil (i, ii, iii, dan seterusnya.) di kaki halaman. Tubuh tulisan memuat pendahuluan, pembahasan utama, dan penutup. Masing-masing diberi judul. Bab pertama biasanya diberi judul Bab I Pendahuluan. Bagian ini memuat
(1) Latar Belakang Masalah, (2) Ruang Lingkup/Batasan Masalah, (3) Tujuan, (4) Metode, dan (5) Hasil, dan lain-lain. Bab kedua yang memaparkan landasan teoretis diberi judul Bab II Landasan Teoretis, dan seterusnya. Bab terakhir diberi judul Bab Penutup. Nomor halaman tubuh tulisan ditulis dengan angka 1, 2, 3, dan seterusnya di kaki halaman.
    Penutup karya ilmiah biasanya berupa daftar pustaka. Ada pula karya ilmiah yang dilengkapi lampiran dan indeks. Sejalan dengan keterangan di atas, kerangka (outline) karya ilmiah mencerminkan ketiga bagian itu. Di dalamnya terkandung pokok-pokok pikiran yang disusun secara logis dan teratur. Salah satu modelnya disebut kerangka topik. Kerangka model ini hanya memuat frase yang berisi butir-butir topik, subtopik, dan sub-subtopik. Kerangka yang telah disusun selanjutnya dikembangkan menjadi tulisan yang sebenarnya.

Contoh kerangka karya ilmiah:
Judul: Peningkatan Pendapatan Petani di Jember
Kata pengantar
Daftar isi
Abstrak
Bab I    Pendahuluan

             Latar Belakang Masalah
             Ruang Lingkup
             Tujuan
             Metode
             Hasil
Bab II   Gambaran Umum Daerah Penelitian
             Letak Geografis
             Kondisi Demografis
             Kondisi Sosial
Bab III  Landasan Teori
              Petani
              Sumber Pendapatan Petani
              Pembinaan Peningkatan Pendapatan Petani
Bab IV Analisis Data
             Pembahasan
             Pelaksanaan Pembinaan Peningkatan Pendapatan Petani
Bab V Penutup
            Kesimpulan
            Saran
Daftar Pustaka
Lampiran


Demikian lah tadi pengertian, tahapan, dan kerangka karya ilmiah, semoga bermanfaat :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahap-Tahap Menulis Karya Ilmiah dan Contoh Kerangka Karya Ilmiah"

Posting Komentar