Sikap Cinta Tanah Air terhadap Pengaruh Globalisasi

Sebelum kita membahas tentang sikap cinta terhadap tanah air Indonesia terhadap pengaruh globalisasi, perlu kita pahami dulu tentang konsep cinta. “Setinggi-tinggi terbang bangau jatuhnya ke pelimbahan juga,” artinya kemana pun orang pergi (merantau), akhirnya pulang juga ke tempat asalnya (kampung halamannya).

Dengan demikian, jika kita analogikan dengan kecintaan terhadap tanah air, kita harus mampu menunjukkan sikap sebagai berikut:
a. Walaupun bangsa Indonesia sedang dilanda berbagai krisis, namun tetap memiliki kecintaan terhadap tanah air Indonesia.
b. Dengan kondisi bangsa Indonesia yang sedang membutuhkan bantuan pemikiran dan doa serta usaha kita untuk mengatasi krisis, kita harus rela berkorban untuk tanah air maupun kelangsungan hidup bangsa Indonesia.
c. Melalui kekayaan budaya kita, maka untuk memberikan sesuatu yang dibutuhkan negara, kita harus mampu setidak-tidaknya mempromosikan kekayaan budaya bangsa dan mengembangkan budaya yang kita miliki sebagai sumber devisa negara.
d. Menghindarkan diri dari sikap yang tidak terpuji, karena dapat memberikan citra buruk bangsa Indonesia di forum internasional.
e. Sebagai rasa cinta tanah air kita juga harus memiliki semangat juang untuk membangun negara, serta memberikan sumbangan bagi penyelesaian masalah negara.
f. Sebagai negara yang memiliki wilayah yang luas, kita harus mampu menjaga keseimbangan lingkungan melalui program penghijauan, dan menghindarkan perusakan alam untuk kesejahteraan kita semua.
g. Selanjutnya kita harus mampu memelihara lingkungan hidup dari berbagai polusi yang dapat mengganggu kesehatan kita bersama.
h. Untuk mewujudkan sikap kecintaan terhadap tanah air, kita juga harus mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
i. Sebagai seorang pelajar kita harus terbiasa untuk belajar dari berbagai sumber baik buku, lingkungan sosial, bahkan mau belajar dari keberhasilan orang atau bangsa lain, serta mengembangkan potensi dan bakat yang telah kita miliki untuk meraih prestasi atau sukses.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sikap Cinta Tanah Air terhadap Pengaruh Globalisasi"

Posting Komentar