Teknik Dasar Sepak Bola Lengkap

Teknik Dasar Sepak Bola Terdiri dari:
a. Teknik dasar menendang bola
1) Menendang dengan kaki bagian dalam 

    Berdiri menghadap arah gerakan, kedua lengan agak terentang. Kaki bertumpu di samping bola, lutut sedikit ditekuk, kaki diayun ke belakang. Pandangan terpusat pada bola, putar pergelangan kaki keluar. Tarik kaki yang digunakan menendang ke belakang lalu ayun ke depan, kenakan bola bagian tengah. Saat menendang menggunakan kaki bagian dalam. Pindahkan berat badan mengikuti arah gerakan.

2) Menendang dengan kaki bagian luar
    Berdiri menghadap arah gerakan bola, kedua lengan agak terentang. Kaki bertumpu di samping bola dan pandangan terpusat pada bola. Tariklah kaki kanan ke belakang dan ayunkan ke depan untuk menendang bola dengan memutar pergelangan kaki ke dalam. Perkenaan kaki pada bola tepat pada tengah-tengah bola, berat badan ke depan.

3) Menendang dengan punggung kaki
    Berdiri menghadap arah gerakan bola, kedua lengan agak terentang. Kaki bertumpu di samping bola dan pandangan terpusat pada bola. Tariklah kaki kanan ke belakang dan ayunkan ke depan untuk menendang bola dengan menekuk pergelangan kaki ke bawah. Perkenaan kaki pada bola tepat di tengah bola, berat badan ke depan.

b. Teknik dasar mengontrol bola
1) Menghentikan bola dengan telapak kaki
    Sikap badan menghadap datangnya bola, pandangan ke arah bola. Badan agak condong ke depan, kedua lengan di samping badan. Pada saat bola datang, sambut dengan telapak kaki, tumit di bawah. Posisi akhir kaki terangkat, lutut agak tertekuk dan gerakan bola tertahan oleh telapak kaki.
2) Menghentikan bola dengan kaki bagian dalam
    Sikap badan menghadap datangnya bola, pandangan ke arah bola. Julurkan kaki ke arah datangnya bola, putar pergelangan kaki ke arah luar untuk menjemput bola. Tarik kaki kembali ke belakang mengikuti arah gerak bola.
 

c. Menggiring
    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, menggiring bola berarti membawa lari bola dengan menggunakan kaki. Pada saat menggiring bola, Gunakan kaki bagian dalam atau luar untuk mendorong bola agar bergulir terus-menerus di atas tanah. Menggiring bola hanya dilakukan pada saat yang tepat dan menguntungkan saja, yaitu bebas dari lawan.
1) Menggiring bola dengan kaki bagian dalam
    Berdiri menghadap arah gerakan bola dengan pandangan ke depan. Kedua lengan rileks agak terentang. Waktu menggiring dilakukan dengan membuka pergelangan kaki keluar, sehingga bola disentuh dengan kaki bagian dalam. Dorong bola ke arah depan, tumpuan berat badan pada kaki yang tidak menggiring.


2) Menggiring bola dengan kaki bagian luar
    Berdiri menghadap arah gerakan bola dengan pandangan ke depan. Kedua lengan rileks agak terentang. Waktu menggiring dilakukan dengan memutar pergelangan kaki ke dalam, sehingga bola disentuh dengan kaki bagian luar. Dorong bola ke arah depan, tumpuan berat badan pada kaki yang tidak menggiring.

d. Menyundul bola
    Gerakan menyundul bola sangat berperan dalam permainan sepak bola, khususnya untuk
menjaringkan bola ke gawang. Hasil sundulan bola justru akan membuat gol yang lebih cantik. Untuk menyundul dengan baik, maka perkenaan bola dapat dilakukan dengan dahi atau kening.
Sedangkan cara pelaksanaannya dapat dilakukan secara berdiri atau dengan melompat.
Berikut teknik menyundul bola.
- Berdiri rileks, pandangan ke arah datangnya bola.
- Kedua lutut agak ditekuk.
- Begitu bola dekat dengan kepala, ambil awalan dengan menarik kepala ke belakang, lalu patukkan kepala ke depan sehingga dahi menyundul bola.
- Gerakan menyundul ini dapat dilakukan dengan berdiri atau meloncat.

(bse penjas oleh Endang)


Baca Juga:
Macam-Macam Teknik Menendang dan Menghentikan Bola Dalam Sepak Bola 
Ukuran Gawang, Bola, dan Lapangan Sepak Bola (Hurdles size , Ball , and Soccer Field)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Dasar Sepak Bola Lengkap"

Posting Komentar