15 Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat telah membawa peranan manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan sekarang ini, karena kemajuan teknologi akan terus berkembang sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini.
15 Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
    Berikut ini adalah beberapa peranan dari teknologi informasi dan komunikasi, antara lain dalam bidang komunikasi, perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, pendidikan, kesehatan, dan pemerintahan.
1. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Komunikasi
    Peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang komunikasi ditandai dengan maraknya penggunaan alat komunikasi yang semakin canggih. Contohnya, handphone yang dilengkapi dengan fasilitas 3G, dimana penelepon dapat melihat lawan bicaranya dengan langsung. Begitu juga pada komunikasi dengan VOIP, dimana kita dapat berbicara langsung dengan kawan kita lewat media internet.
    Jika berbicara tentang teknologi informasi dan komunikasi, kita tidak akan lepas dari internet. Hampir setiap perkembangan TIK berkaitan erat dengan internet. Internet sebenarnya mengacu kepada istilah untuk menyebut sebuah jaringan, bukannya suatu aplikasi tertentu. Karenanya, internet tidaklah memiliki manfaat apa-apa tanpa adanya aplikasi yang sesuai. Internet menyediakan beragam aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Internet menghubungkan jutaan manusia. Dengan internet, kita dapat berkomunikasi dengan orang lain tanpa mengetahui lawan komunikasi kita. Informasi yang dikirim lewat internet pun beragam, seperti suara, video, gambar, dan teks.

2. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan
    Peranan teknologi informasi dan komunikasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan perubahan pada kebiasaan kerja. Misalnya, penerapan pemakaian komputer yang dirasa lebih efisien dibandingkan penggunaan mesin tik, pengiriman dokumen lewat e-mail lebih efisien dibandingkan pengiriman lewat pos, dan sebagainya.

3. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis
    Dalam dunia bisnis, teknologi informasi dan komunikasi dimanfaat-kan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi di dunia bisnis juga ditandai dengan maraknya toko online yang terdapat di internet.

4. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan
    Dalam dunia perbankan, teknologi informasi dan komunikasi berperan dalam transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan internet banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui internet banking, antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.
    Electronic Banking, atau e-banking bisa diartikan sebagai aktifitas perbankan di internet. Layanan ini memungkinkan nasabah sebuah bank dapat melakukan hampir semua jenis transaksi perbankan melalui sarana internet, khususnya via web. Mirip dengan penggunaan mesin ATM, lewat sarana internet seorang nasabah dapat melakukan aktifitas pengecekan rekening, transfer dana antar rekening, hingga pembayaran tagihantagihan rutin bulanan melalui rekening banknya. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan nasabah dengan memanfaatkan layanan ini, terutama bila dilihat dari waktu dan tenaga yang dapat dihemat karena transaksi e-banking jelas bebas antrian dan dapat dilakukan dari mana saja sepanjang nasabah dapat terhubung dengan jaringan internet.
    E-banking sebenarnya bukan barang baru di internet, tapi di Indonesia sendiri, baru beberapa tahun belakangan ini marak diaplikasikan oleh beberapa bank papan atas. Hal ini berkaitan dengan keamanan nasabah yang tentunya menjadi perhatian utama dari para pengelola bank. Keamanan memang merupakan isu utama dalam e-banking karena sebagaimana kegiatan lainnya di internet, transaksi perbankan di internet juga rawan terhadap pengintaian dan penyalahgunaan oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Sebuah situs e-banking diwajibkan untuk menggunakan standar keamanan yang sangat ketat untuk menjamin bahwa setiap layanan yang mereka sediakan hanya dimanfaatkan oleh mereka yang memang betul-betul berhak.

5. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
    Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang cukup praktis dan ekonomis karena memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (e-learning) dengan efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.
    Pernahkah terpikir olehmu bahwa suatu saat kamu belajar tanpa harus pergi ke sekolah? Apakah kamu pernah mendengar istilah home schooling? Itulah jawaban dari pertanyaan tersebut. Salah satu metode belajar di home schooling adalah metode belajar jarak jauh melalui internet atau sering disebut dengan e-Learning. Kamu dapat berinteraksi dengan gurumu tanpa harus bertatap muka langsung yakni melalui diskusi online. Kamu dapat mempelajari suatu topik mata pelajaran dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan gurumu melalui internet. Perpustakaan online saat ini juga banyak disediakan melalui media internet. Kamu dapat melihat isi perpustakaan di tempat lain tanpa datang langsung ke perpustakaan tersebut. Jika kamu mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas dari suatu mata pelajaran, jangan segan-segan menggunakan internet untuk mengatasi kesulitanmu itu.
Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang dapat diperoleh bagi peserta didik dengan adanya model e-learning :
  1. Membangun interaksi ketika peserta didik melakukan diskusi secara online.
  2. Mengakomodasi perbedaan peserta didik.
  3. Peserta didik dapat mengulang materi pelajaran yang sulit berkalikali, sampai pemahaman diperoleh.
  4. Kemudahan akses, kapan saja dan di mana saja.
  5. Peserta didik dapat belajar dalam suasana yang ‘bebas tanpa tekanan’, tidak malu untuk bertanya (secara online).
  6. Mereduksi waktu dan biaya perjalanan.
  7. Mendorong peserta didik untuk menelusuri informasi ke situs-situs pada world wide web.
  8. Mengijinkan peserta didik memilih target dan materi yang sesuai pada web.
  9. Mengembangkan kemampuan teknis dalam menggunakan internet.
  10. Mendorong peserta didik untuk bertanggung jawab terhadap belajarnya dan membangun self-knowledge dan self-confidence.

Adapun bagi tenaga pengajar, e-learning juga memberikan banyak manfaat. Di antaranya yang terpenting adalah bahwa ia selalu dapat memberikan materi yang up-to date kepada para peserta didiknya. Keuntungan yang lain adalah:
  1. Kemudahan akses kapan saja dan di mana saja
  2. Mereduksi biaya perjalanan dan akomodasi, kaitannya dengan program-program pelatihan.
  3. Mendorong pengajar mengakses sumber-sumber pelajaran yang upto-date.
  4. Memungkinkan pengajar mengkomunikasikan gagasan-gagasannya dalam cakupan wilayah yang lebih luas.


6. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Kesehatan
    Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit, karena kartu tersebut dapat menyimpan riwayat penyakit pasien. Selain itu, digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan, serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien juga merupakan peranan teknologi informasi dan komunikasi.
    Fasilitas TIK digunakan juga dalam bidang kesehatan. TIK sangat bermanfaat untuk pengobatan jarak jauh. Misalnya, puskemas di daerah terpencil dapat memanfaatkan TIK untuk berkonsultasi, diagnosis, dan pengobatan dengan dokter di kota. Dokterdokter di daerah terpencil juga dapat meningkatkan keterampilan dan pengalaman profesional teman sejawatnya dengan menggunakan TIK. Bahkan, sekarang sudah ada situs yang dapat mengukur kesehatanmu. Setelah mengikuti instruksi yang ada dalam situs tersebut, kamu dapat mengetahui kesehatanmu. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui internet, misalnya situs di bawah ini. Kamu dapat melihat informasi seputar pengobatan herbal. Saat ini beberapa rumah sakit juga memanfaatkan internet untuk memuat situs mereka.

7. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Pertanian
    Saat ini bidang pertanian juga menggunakan TIK. Departemen Pertanian telah memanfaatkan internet sebagai sarana untuk menyebarkan informasi ke seluruh petani di Indonesia. Seperti yang terjadi saat ini, petani Indonesia dihadapkan dengan banyak kendala. Mulai dari lahan, musim, hama, wabah penyakit, pupuk, bibit, bahkan bencana alam. Kendala-kendala tersebut berbeda dari satu daerah dengan daerah yang lainnya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, selain terjun langsung ke lokasi, Departemen Pertanian juga menyediakan situs yang memuat segala informasi yang dibutuhkan para petani di Indonesia. Informasi yang termuat di situs tersebut diantaranya, kiat bertani di lahan kering, teknologi pertanian yang tepat guna, pemakaian pupuk yang tepat, dan tanaman yang laku di pasaran.

8. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Politik
    Fasilitas TIK yang diwakili dengan adanya internet membuat semuanya menjadi sumber informasi. Kamu dapat menuangkan gagasan dan pendapatmu dalam bentuk teks, gambar, suara, atau gabungan dari ketiganya. Hal yang kamu ungkapkan tersebut dapat menjadi sumber informasi bagi orang lain. Bahkan, pendapat kamu secara tidak langsung menjadi syarat dasar demokrasi. Masih ingatkah kamu bahwa syarat demokrasi adalah bebas mengemukakan pendapat?
    TIK juga mempunyai peranan dalam proses demokrasi. Misalnya pemilihan kepala daerah (pilkada) atau pemilihan umum (pemilu). Banyak lembaga survei melakukan sistem penghitungan suaranya dengan sistem quick count. Melalui sistem itu kamu dapat melihat hasil proses penghitungan secara cepat.
    Proses pemilu pun juga menggunakan kemajuan TIK. Mulai dari pendaftaran partai politik, pendaftaran calon pemilih, kampanye, sampai pendaftaran caleg menggunakan TIK. Pernahkah kamu membayangkan seandainya pemilu sekarang dilakukan secara manual tanpa menggunakan TIK? Masih mungkinkah dilakukan dengan cepat sesuai jadwal pemilu yang ditetapkan KPU dengan begitu banyaknya calon partai peserta pemilu, caleg, dan calon pemilih? Nah, sekarang kamu mengerti begitu bermanfaatnya TIK dalam bidang politik. Saat ini lembaga survei kita pun sudah menerapkan sistem quick count dalam penghitungan hasil pemilu.

9. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pemerintahan
    Penerapan teknologi informasi dalam pemerintahan terlihat dari makin maraknya situs-situs pemerintah yang menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Contoh situs resmi pemerintah adalah www.deplu.go.id, www.depkeu.go.id, dan sebagainya. Di bidang pemerintahan, peran teknologi informasi dan komunikasi juga sangat penting. Kegiatan-kegiatan pemerintahan banyak memanfaatkan teknologi ini. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pemerintahan dikenal dengan istilah e-government atau e-gov (electronic government). Beberapa pemerintah, baik propinsi maupun kabupaten telah memanfaatkan teknologi ini. Begitu juga dengan beberapa departemen. Teknologi informasi dan komunikasi ini sangat penting dalam menjalin hubungan pemerintah dengan pihak-pihak lain.
Terdapat empat hal yang menjadi sasaran pengembangan e-government, yaitu:
  1. Layanan individual/warga negara atau Government to Citizens (G2C). G2C membangun fasilitas satu pintu yang mudah ditemui dan mudah digunakan untuk semua layanan pemerintahan kepada warga negara.
  2. Layanan Bisnis atau Government to Bussiness (G2B). G2B mengurangi beban kerja pengontrolan bisnis (misalnya pelaporan keuangan perusahaan pada pemerintah dan penghitungan pajak) dengan cara menghilangkan duplikasi pengumpulan data.
  3. Antar entitas pemerintahan atau Government to Government (G2G). G2G memudahkan penyelenggara pemerintahan lokal untuk mendapatkan data dari partnernya (misalnya pemerintah lokal yang lain).
  4. Internal pemerintahan atau Internal Efficiency & Effectiveness (IEE) memanfaatkan teknologi informasi untuk mengurangi biaya administrasi pemerintahan dengan menggunakan alat bantu yang sudah teruji efektifitasnya di dunia bisnis seperti financial management.

    Government to Citizen adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk melayani kebutuhan masyarakat luas. Misalnya saja kantor pelayanan pajak. Untuk membayar pajak, biasanya si wajib pajak harus mempunyai NPWP. Pernahkah kamu mendengar NPWP? NPWP adalah Nomor Pokok Wajib Pajak. Pendaftaran NPWP saat ini dapat dilayani secara online. Situs yang melayaninya adalah www.pajak.go.id. Government to Business adalah pemanfaatan teknologi dan komunikasi untuk melayani kebutuhan dunia usaha. Misalnya saja permintaan data-data statistik yang dibutuhkan oleh dunia usaha. Situs yang menyediakan layanan ini adalah www.bps.go.id. Government to Government adalah pemanfaatan teknologi dan komunikasi untuk melayani kebutuhan antar pemerintah seperti lembaga pemerintahan lain atau departemen lain.

10. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Kebudayaan
    TIK dapat digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan kebudayaan bangsa kita. Kamu dapat membuat situs yang memuat foto-foto kesenian tradisional, tempat pariwisata, dan hasil-hasil kerajinan bangsa kita. Jika situs tersebut diakses di luar negeri maka secara tidak langsung kamu mempromosikan budaya bangsa kita. Jika budaya kita banyak dikenal oleh dunia internasional, tentu tidak sedikit keuntungan yang kita peroleh. Diantaranya banyak para wisatawan yang berkunjung ke Indonesia karena ketertarikan mereka pada kebudayaan dan keindahan negeri kita tercinta. Selain itu, produk-produk hasil karya bangsa sendiri juga lebih dikenal di dunia internasional. Tentu saja hal ini dapat meningkatkan ekspor dan menambah devisa negara kita. Berikut ini contoh situs yang mempromosikan kebudayaan melalui dunia pariwisata.

11. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Ketenagakerjaan
    TIK merupakan sarana yang bagus dalam penyediaan informasi pekerjaan bagi yang membutuhkan. Apakah kamu mempunyai saudara yang sedang mencari kerja atau mencari karyawan? TIK dapat membantu memecahkan permasalahan tersebut. Ada banyak situs yang disediakan bagi pencari kerja maupun pencari karyawan. Contoh situs para pencari kerja maupun karyawan adalah www.karir.com atau di www.jobsdb.com. Beberapa situs penyedia informasi kerja sudah cukup lama dan menjadi andalan untuk para job seeker (pencari kerja) untuk mendapatkan pekerjaan yang mereka minati.

12. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Transportasi
    Pada bidang transportasi juga terdapat teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh manusia yaitu untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam komputer.

13. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Industri Rekaman
    Untuk mencetak album kedalam VCD atau DVD perlu bantuan pogram komputer untuk memproses pemburningan atau pembakaran CD sehingga bisa merekam suara dengan kualitas sangat tinggi. Kita juga dapat membuat lagu tanpa menggunakan alat musik cukup dengan mengatur alat musik sesuai keinginan kita dengan sebuah software.

14. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Keamanan
    Banyak kemajuan di bidang keamanan dikarenakan peranan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Misalnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil menangkap para koruptor yang merugikan negara dengan memanfaatkan telepon selular para koruptor. Telepon selular para koruptor disadap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sehingga KPK mengetahui perbuatan korupsi koruptor. Polisi berhasil menangkap beberapa penjahat kriminal dengan menggunakan peralatan teknologi informasi dan komunikasi, yaitu pemasangan kamera CCTV di berbagai titik tempat. Kamera CCTV tersebut langsung terhubung dengan kantor kepolisian. Pemasangan kamera juga dilakukan di jalan raya sehingga kepadatan kendaraan dapat dipantau dan dapat dicari cara untuk menguranginya.

15. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Hiburan
    Para pengguna peralatan teknologi informasi dan komunikasi juga disediakan fasilitas hiburan. Contohnya telepon genggam yang menyediakan fasilitas radio, MP3, MP4, video, bahkan televisi dan
internet. Penggunaan komputer yang terakses internet juga memberikan fasilitas permainan online (game online). Televisi juga menyediakan banyak hiburan atau acara yang dapat dilihat secara langsung.
    Untuk perkembangan hiburan di tahun mendatang, fasilitas game online dan virtual game akan semakin maju. Hiburan virtual game merupakan permainan yang seperti nyata adanya. Misalkan, ketika kita bermain virtual game peperangan, maka kita dapat merasakan situasi perang yang sebenarnya. Hal itu terjadi karena virtual game dilengkapi alat yang dapat membawa pemainnya ke dalam situasi game yang dimainkannya. Misalnya, sebuah kacamata game yang bisa membuat kita serasa dapat melihat semua yang ada di game tersebut secara nyata 3 dimensi. Ada alat yang ditempelkan ke tubuh kita (bentuknya seperti kaos yang menutupi seluruh tubuh kita dari dada sampai ujung kaki) yang membuat kita dapat merasakan benda-benda yang ada di dalam game. Bahkan, kita dapat merasakan sakitnya terkena peluru saat kita bermain game peperangan (walaupun rasa sakitnya itu tidak sehebat terkena peluru sungguhan). Dengan virtual game, permainan sepak bola, basket, dan tenis nantinya dapat dimainkan di rumah masing-masing pemain karena minimnya area untuk membangun sebuah lapangan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "15 Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)"

Posting Komentar