160 Soal Materi Penyusunan Perundang-Undangan/Hukum, Korupsi (Pilihan Ganda & Essay)

Contoh Soal Materi Perundang-Undangan, Indonesia Negara Hukum, Hirarki UUD, Korupsi, Antikorupsi Pilihan Ganda

1. Penyusunan peraturan perundang-undangan harus bersumber pada sumber hukum. Sumber hukum nasional adalah ….
a. hukum adat
b. Pembukaan UUD 1945
c. Pancasila
d. Proklamasi Kemerdekaan RI

2. Jenis dan hierarki peraturan perundang-undangan diatur dalam ….
a. UU No. 10 Tahun 2004
b. Tap MPR No. III/MPR/2000
c. Tap MPR No. I/MPR/2002
d. Penjelasan UUD 1945

3. Undang-undang dibuat oleh ….
a. DPR c. MPR
b. Presiden d. DPR bersama Presiden

4. Dalam membentuk UU, Presiden berhak mengajukan Rancangan Undang-Undang kepada ….
a. DPR c. MA
b. MPR d. BPK

5. Peraturan pemerintah ditetapkan oleh ….
a. MPR
b. DPR
c. DPR bersama Presiden
d. Presiden

6. Hak DPR untuk mengajukan rancangan undang-undang disebut ….
a. hak inisiatif c. hak budget
b. hak prerogatif d. hak amandemen

7. Peraturan daerah kabupaten atau kota dibuat oleh ….
a. DPRD bersama Gubernur
b. DPRD bersama Bupati/Walikota
c. Presiden dan DPR
d. DPR

8. Peraturan pemerintah daerah isinya tidak boleh bertentangan dengan peraturan pemerintah pusat. Jika bertentangan, peraturan pemerintah yang bersangkutan ….
a. tetap berlaku karena merupakan hak otonomi daerah
b. tidak berlaku
c. tidak berlaku dan pemerintah daerah tidak diizinkan membuat peraturan lagi
d. berlaku dengan pengawasan pemerintah pusat

9. Berikut ini yang bukan merupakan tahap dalam proses pembentukan UU adalah ….
a. penyiapan rancangan UU
b. sosialisasi langsung kepada masyarakat
c. proses pengajuan rancangan UU kepada DPR
d. pengesahan dan pengundangan

10. Lembaga yang berwenang membuat undang-undang adalah ….
a. eksekutif c. legislatif
b. yudikatif d. inisiatif

11. Kelengkapan yang ada di DPR adalah ….
a. Panitia Ad Hoc c. Badan Musyawarah
b. Pimpinan DPR d. TNI dan Polri

12. Peraturan perundangan yang disusun berdasarkan keadaan darurat atau mendesak yang memerlukan pengaturan cepat, yaitu ….
a. UU c. Peraturan Pemerintah
b. Keputusan Presiden d. Perpu

13. Keputusan Presiden ditandatangani dan ditetapkan oleh ….
a. MPR
b. DPR
c. Presiden
d. Menteri Sekretaris Negara

14. Perpu yang telah ditetapkan presiden kemudian diundangkan oleh ….
a. Presiden
b. Menteri Sekretaris Negara
c. MPR
d. DPR

15. Lembaga yang melaksanakan perundang-undangan disebut ….
a. eksekutif c. yudikatif
b. legislatif d. inisiatif

16. Berikut ini yang termasuk peraturan daerah antara lain ….
a. Keputusan Bupati c. Keputusan Menteri
b. Instruksi Menteri d. Keputusan Presiden

17. Rancangan peraturan daerah yang sudah disetujui DPRD ditandatangani oleh ….
a. Presiden c. Menteri Dalam Negeri
b. DPR d. Kepala Daerah

18. Perpu yang sudah ditetapkan kemudian diundangkan dan dimasukkan dalam ….
a. lembaran negara c. Tap MPR
b. media massa d. Peraturan Daerah

19. Komisi Pemberantasan Korupsi dibentuk berdasarkan ….
a. UU Nomor 7 Tahun 2006
b. UU Nomor 20 Tahun 2001
c. UU Nomor 31 Tahun 1999
d. UU Nomor 30 Tahun 2002

20. LSM yang mempunyai kewenangan untuk mengawasi dan melaporkan kepada publik mengenai aksi korupsi yang terjadi di Indonesia adalah ….
a. walhi c. ICW
b. kontras d. KPU

21. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dibuat oleh pemerintah setiap tahun harus mendapat persetujuan dari . . . .
a. Presiden c. MPR
b. Mahkamah Agung d. DPR

22. Putusan majelis yang mempunyai kekuatan hukum mengikat ke luar dan ke dalam majelis disebut . . . a. kesepakatan c. keputusan
b. ketetapan d. ketentuan

23. Lembaga ini tidak termasuk lembaga anti korupsi di Indonesia yaitu . . . .
a. International Corruption Watch
b. Masyarakat Transparansi Indonesia
c. KPKPN
d. BUMD

24. Yang disebut sebagai organisasi sosial politik adalah . . . .
a. LMD dan partai politik
b. Partai Golkar dan DPR
c. PAN, Partai Keadilan, dan PPP
d. DPR, DPRD I, dan DPRD II

25. Berikut adalah tugas dari MPR, kecuali . . . .
a. menetapkan Undang-Undang Dasar
b. menetapkan GBHN
c. memilih dan mengangkat presiden dan wakil presiden
d. meminta pertanggungjawaban presiden pada akhir masa jabatannya

26. Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama pada hakikatnya adalah . . . .
a. menghayati kehidupan masyarakat
b. mengamalkan jiwa demokrasi Pancasila
c. sesuai dengan hati nurani manusia
d. mempertinggi harkat dan martabat manusia

27. Perbedaan musyawarah dan suara terbanyak adalah . . . .
a. musyawarah mewakili yang lemah, suara terbanyak mewakili golongan
b. musyawarah mewakili semua pihak, suara terbanyak mewakili golongan
c. musyawarah ada paksaan, suara terbanyak tidak ada paksaan
d. musyawarah lambat, suara terbanyak cepat

28. Berikut yang tidak termasuk alat-alat kelengkapan Majelis adalah . . . .
a. Komisi Majelis c. Pimpinan Majelis
b. Panitia Ad Hoc Majelis d. Badan Pekerja Majelis

29. Berdasarkan UUD 1945 Pasal 6 ayat (2) tugas pokok MPR adalah . . . .
a. menetapkan tata tertib MPR dalam sidang umum
b. memilih dan mengangkat presiden dan wakil presiden
c. mengubah undang-undang dasar jika dianggap perlu
d. menetapkan undang-undang dasar dan peraturan lain

30. MPR melaksanakan tugas-tugasnya untuk kepentingan rakyat karena MPR . . . .
a. merupakan lembaga tertinggi negara
b. seluruhnya dipilih oleh rakyat dalam Pemilu
c. melakukan sepenuhnya kedaulatan rakyat
d. merupakan lembaga permusyawaratan rakyat

31. Penyalahgunaan uang negara untuk kepentingan pribadi atau orang lain disebut . . . .
a. korupsi
b. nepotisme
c. kolusi
d. pencucian uang (money laundry)

32. Asas yang menyatakan bahwa pejabat administrasi negara harus berhatihati dalam pengambilan keputusan ialah . . . .
a. asas bertindak cermat
b. asas kesamaan
c. asas motivasi
d. asas keseimbangan

33. Undang-undang yang mengatur tentang penyelenggaraan negara yang bebas dari KKN ialah . . . .
a. UU No.3 Tahun 1999
b. UU No.22 Tahun 1999
c. UU No.28 Tahun 1999
d. UU No.39 Tahun 1999

34. Beberapa asas peraturan perundang-undangan antara lain, kecuali . . . .
a. undang-undang tidak berlaku surut
b. undang-undang itu dicabut oleh instansi yang lebih tinggi
c. undang-undang yang bersifat khusus menyampingkan undangundang yang bersifat umum
d. undang-undang tidak dapat diganggu gugat

35. Untuk menjalankan undang-undang, Presiden membuat . . . .
a. Keputusan Presiden
b. Peraturan Pemerintah
c. Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang
d. Instruksi Presiden

36. Usaha yang tidak menunjukkan pencapaian pemerintah yang bersih dan
berwibawa adalah . . . .
a. pemberantasan KKN
b. penegakan supremasi hukum
c. penyampaian upeti bagi pejabat
d. pemeriksaan kekayaan pejabat

37. Salah satu kerugian ekonomis dari perilaku KKN ialah . . . .
a. tidak berjalannya proses partisipasi masyarakat dalam sistem pemerintahan
b. pembengkakan anggaran belanja negara dan daerah
c. profesionalisme masyarakat kurang dihargai
d. penyalahgunaan wewenang oleh alat negara

38. Peraturan perundangan setingkat lebih rendah dari undang-undang ialah . . . .
a. Ketetapan MPR
b. Peraturan Pemerintah
c. Keputusan Presiden
d. Peraturan Daerah

39. Pada proses pembahasan Rancangan Undang-Undang Tingkat IV akan mendengar pendapat . . . .
a. Presiden
b. Fraksi-fraksi
c. Pengusul RUU
d. Komisi-komisi

40. Menurut UU No.10 Tahun 2004, urutan perundangan Republik Indonesia yang tertinggi ialah . . . .
a. Peraturan Pemerintah
b. Undang-Undang Dasar 1945
c. Undang-Undang
d. Keputusan Presiden

41. Undang-undang merupakan produk nasional, namun rakyat tetap …
a. mempunyai peranan yang sangat besar terhadap perkembangan zaman
b. menilai kinerja dari pemerintahan
c. berpedoman pada peraturan yang berlaku
d. merasa terpanggil untuk ikut menetapkan undang-undang

42. Undang-undang mulai berlaku apabila …
a. telah diajukan oleh presiden
b. telah diundangkan lewat lembaran negara
c. telah diundangkan lewat media massa
d. rakyat sudah paham mengenai undang-undang

43. Pada dasarnya pemerintah daerah dalam menetapkan kebijakan daerah juga tidak lepas dari adanya undangundang. Oleh karena itu, undangundang dapat disikapi sebagai …
a. produk hukum baru
b. pedoman untuk kebijakan daerah
c. peraturan yang harus dilaksanakan
d. penentu masa depan bangsa

44. Fungsi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di antaranya adalah …
a. membuat peraturan untuk ditindaklanjuti presiden
b. badan yang tugasnya mengoreksi presiden
c. fungsi legislatif, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan
d. badan yang tugasnya menerapkan undang-undang

45. Dalam menentukan peraturan pemerintah, presiden harus berpedoman pada …
a. menteri yang paling senior
b. keputusan
c. peraturan perundang-undangan yang ada di atasnya
d. ketentuan masa depan bangsa

46. Jika rancangan undang-undang yang diajukan presiden tidak mendapat persetjuan DPR, maka …
a. rancangan undang-undang dapat diperbaiki
b. rancangan undang-undang tidak boleh dimajukan lagi dalam persidangan DPR masa itu
c. presiden segera membuat RUU yang baru dan segera diserahkan ke DPR
d. Dewan Perwakilan Rakyat membuat RUU sendiri

47. Pentingnya undang-undang dalam suatu negara di antaranya adalah …
a. memberi gambaran yang nyata tentang negara
b. mengatur kehidupan dalam negara
c. menentukan masa depan bangsa
d. menentukan arah kebijakan pemerin-tah pusat

48. Peraturan yang telah ditetapkan oleh wakil-wakil rakyat bersama pemerintah mempunyai landasan hukum yang kuat, oleh karena itu …
a. kita berhak menaati peraturan
b. setiap warga negara tanpa terkecuali harus menaati peraturan
c. kita perlu informasi tentang peraturan tersebut
d. tidak perlu diganggu gugat

49. Dalam menentukan peraturan perundang-undangan, tidak lepas dari adanya …
a. masukan pejabat tinggi
b. masukan tokoh masyarakat yang disegani
c. masukan-masukan masyarakat luas
d. arahan dari pejabat terdahulu

50. Yang berhak mengubah dan menetapkan UUD 1945 di negara kita adalah …
a. seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali
b. wakil-wakil bangsa Indonesia
c. Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)
d. lembaga tinggi negara

51. Organisasi profesi berhak untuk mengajukan usul rancangan undangundang asal …
a. tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang ada di atasnya
b. menguntungkan kelompoknya sendiri
c. berpedoman pada pemerintah
d. usul itu tidak berlawanan dengan peraturan yang akan ditetapkan

52. Komisi Pemberantasan Korupsi melaksanakan tugas mulia dikarenakan dapat menyelamatkan …
a. harta seseorang yang diambil oleh orang lain
b. milik yayasan yang sudah berbadan hukum
c. keuangan negara yang akhirnya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat luas
d. pendapatan negara yang saat ini semakin berkurang

53. Dalam negara demokrasi, peraturan perundang-undangan dibuat oleh pemerintah bersama dengan DPR. Kedua lembaga negara tersebut …
a. mempunyai hubungan yang sangat erat karena saling mengisi
b. tidak ada kaitannya sama sekali
c. merupakan lembaga yang ada dalam negara
d. tidak perlu berhubungan karena tugasnya sudah jelas

54. Warga negara yang melakukan tindak pidana korupsi harus …
a. ditindak menurut kehendaknya sendiri
b. ditindak menurut petunjuk dari penyelenggara negara
c. ditindak menurut hokum yang berlaku
d. dibiarkan saja biar besok menyadari sendiri

55. Indonesia merupakan negara hukum, hal ini ditetapkan dalam UUD 1945 Pasal 1 Ayat (3) bunyinya …
a. Negara kita negara hukum.
b. Negara Indonesia adalah negara hukum.
c. Negara kita merupakan negara hukum.
d. Negara Indonesia merupakan negara hukum.

56. Sebelum melaksanakan tugas negara/ pejabat berkewajiban untuk …
a. membayar apa yang menjadi tanggungan terhadap negara
b. memahami akan tugas yang sekiranya dihadapi
c. mengucapkan sumpah atau janji sesuai dengan agamanya sebelum me-mangku jabatannnya
d. bersedia untuk membayar sesuai dengan kesepakatan yang telah diputuskan bersama

57. Dalam melaksanakan tugas, KPK selalu …
a. mengadakan koordinasi dengan pejabat daerah setempat
b. mengoordinasikan penyelidikan penyidikan, dan penuntutan tindak pidana korupsi
c. memanfaatkan waktu untuk mencari masalah di daerah
d. berpedoman pada perintah presiden

58. Merajalelanya korupsi berakibat kehidupan negara menjadi semakin …
a. meyakinkan untuk kehidupan para pejabat negara
b. kurang menentu dikarenakan ulah para koruptor yang melakukan tindakan demi memperkaya diri sendiri
c. mudah dibaca oleh bangsa lain di dunia
d. membahayakan bagi kehidupan keluarga

59. Apabila rancangan undang-undang yang akan disahkan menjadi undangundang tidak mendapat dukungan dari rakyat, pelaksanaan perundangannya …
a. tetap dijalankan karena rakyat tidak perlu campur tangan
b. ditunda sampai rakyat betul-betul dapat menerima atau dapat memahami undang-undang tersebut
c. tidak perlu memperhatikan suara dari rakyat karena wakil rakyat sudah dipercaya
d. menunggu waktu yang ditetapkan oleh presiden

60. Peraturan daerah pada dasarnya dibuat oleh …
a. kepala daerah bersama dengan mitra di daerah
b. kepala daerah bersama dengan DPRD
c. kepala daerah beserta staf di daerah
d. kepala desa saja

61. Keikutsertaan rakyat dalam urusan kenegaraan termasuk hal menetapkan peraturan perundangan merupakan ….
a. dasar kehidupan demokrasi c. pelaksanaan kedaulatan rakyat
b. perwujudan negara hukum d. proses pendidikan politik

62. Dalam peraturan perundangan RI, UUD 1945 menempati urutan yang pertama sebab ….
a. merupakan hukum dasar tertulis
b. ditetapkan PPKI
c. dirumuskan oleh pendiri negara
d. merupakan hukum positif

63. Kita tidak menyetujui perbuatan yang melanggar peraturan yang berlaku. Kewajiban moral menuntut kita agar semua tindakan selaras dengan peraturan yang berlaku. Oleh karena itu, yang terpenting adalah ….
a. para pemimpin berperan aktif memberi contoh bersikap disiplin
b. adanya tindakan tegas terhadap para pelanggarnya
c. kita melaksanakan setiap peraturan yang ada dengan disiplin
d. sikap disiplin kita mulai dari diri kita sendiri

64. Hukum berfungsi mengatur ketertiban masyarakat. Fungsi ini merupakan perwujudan sifat hukum ….
a. memaksa c. memonopoli
b. mengatur d. mengancam

65. Indonesia adalah negara hukum bukan negara berdasar kekuasaan belaka. Pernyataan ini terdapat pada ….
a. Pembukaan UUD 1945 c. Batang Tubuh UUD 1945
b. Penjelasan UUD 1945 d. Aturan Peralihan UUD 1945

66. Berikut ini yang merupakan salah satu peraturan pelaksana perundang-undangan adalah ….
a. UU c. peraturan presiden
b. keputusan presiden d. instruksi presiden

67. Pengertian negara hukum adalah ….
a. setiap warga negara dilindungi oleh hukum
b. setiap orang mempunyai kedudukan yang sama di depan hukum
c. penyelenggara kehidupan bernegara berdasar peraturan hukum
d. kekuasaan hukum di suatu negara tidak dipengaruhi oleh kekuasaan lain

68. Norma hukum negara kita menuntut berlakunya keikhlasan dalam mematuhi hasil keputusan. Hal ini tertuang dalam ….
a. hukum dasar negara c. UU
b. peraturan pemerintah d. ketetapan MPR

69. Pentingnya kesadaran hukum dan tertib hukum adalah ….
a. setiap orang bebas berbuat tanpa adanya gangguan
b. setiap orang terpaksa menjaga ketenangan dan ketenteraman
c. terlaksananya norma hukum di masyarakat
d. terwujudnya ketenangan dan ketenteraman hidup lahir batin

70. Salah satu nilai dasar aturan hukum adalah ….
a. kepastian hukum c. ketertiban hukum
b. kesadaran hukum d. kejelasan hukum

71. Sikap menjunjung tinggi norma hukum dalam masyarakat, antara lain ….
a. menolong orang tua menyeberang jalan
b. memberikan salam bila masuk sekolah
c. mematuhi peraturan lalu lintas
d. tidak melanggar peraturan tata tertib sekolah

72. Menghormati dan mematuhi aturan hukum yang berlaku merupakan ….
a. hak setiap warga negara c. kewajiban setiap warga negara
b. kehendak penguasa negara d. hakikat setiap warga negara

73. Perundang-undangan nasional adalah aturan-aturan yang dibuat oleh lembaga negara yang berwenang untuk ….
a. dijalankan oleh lembaga yang berwenang
b. dipatuhi warga negara berskala nasional
c. dipahami seluruh rakyat Indonesia
d. dijalankan para penyelenggara negara

74. Peraturan pemerintah ditetapkan oleh presiden dengan tujuan ….
a. mengatasi keadaan darurat c. memenuhi ketetapan MPR
b. menjalankan UU d. memenuhi janji presiden

75. Sumber hukum dasar negara Indonesia adalah ….
a. Pancasila c. ketetapan MPR
b. UUD 1945 d. UU

76. Dengan adanya peraturan perundang-undangan kehidupan masyarakat menjadi ….
a. adil dan makmur c. sejuk dan nyaman
b. aman dan tertib d. maju dan meriah

77. Peraturan perundang-undangan nasional memiliki arti yang sangat penting, yaitu ….
a. memberikan rasa keadilan bagi warga negara
b. melindungi dan mengayomi pejabat negara
c. menciptakan keamanan di pedesaan
d. melindungi dan mengayomi penduduk desa

78. Badan yang terlibat dalam penyusunan UU adalah ….
a. presiden dan DPR c. presiden dan menteri-menteri
b. presiden dan MPR d. DPR dan DPRD

79. Penyusunan rancangan UU secara tidak langsung dapat melibatkan ….
a. anggota partai politik c. ilmuwan dari perguruan tinggi
b. lembaga swadaya masyarakat d. seluruh warga negara Indonesia

80. Proses penyusunan keputusan presiden diawali dengan ….
a. pengumuman lewat lembaran negara
b. pengajuan pertimbangan kepada DPR
c. penulisan rancangan keputusan
d. pembentukan panitia

81. Indonesia adalah negara yang berdasarkan atas hukum atau disebut ….
a. rechsstaat
b. machtsstaat
c. staat
d. state

82. Pemerintah yang bersikap otoriter dan kekua saannya cenderung tak terbatas disebut ….
a. demokratis
b. absolutisme
c. komunis
d. sosialis

83. Negara yang menjunjung hukum dalam penyelenggaraan negara bertujuan menjamin ….
a. persatuan
b. kekuasaan
c. keadilan
d. kebersamaan

84. Berikut yang tidak termasuk ciri-ciri negara hukum adalah ….
a. adanya pengakuan dan perlindungan HAM
b. adanya peradilan yang bebas dan tidak dipengaruhi oleh kekuasaan lain
c. legalitas dalam segala bentuknya
d. hukum ditentukan oleh kekuasaan

85. Badan penegak hukum yang bertugas melakukan penuntutan dalam sidang pengadilan adalah ....
a. jaksa
b. saksi
c. hakim
d. panitera
Sumber: Ujian Nasional SMP 2004

86. Tahap perumusan peraturan perundang-undangan yang dimulai dengan munculnya gagasan atau ide dari masyarakat adalah ….
a. inisiasi
b. sosio-politis
c. yuridis
d. kultural

87. Undang-undang yang mengatur alur proses penyusunan peraturan perundang-undangan yaitu ….
a. UU No. 10 Tahun 2000
b. UU No. 10 Tahun 2004
c. UU No. 10 Tahun 2005
d. UU No. 32 Tahun 2004

88. Contoh perbuatan pelajar yang mematuhi peraturan sekolah adalah ....
a. saat jam istirahat duduk di perpustakaan
b. meminjam buku di perpustakaan
c. mengembalikan buku pinjaman tepat waktu
d. membahas buku pelajaran di perpustakaan
Sumber: Ujian Nasional SMP 2004

89. Karena kita menginginkan ketertiban dan kedamaian dalam masyarakat, kita sadar untuk mengindahkan nilai-nilai dan norma-norma ....
a. agama, kesusilaan, dan budaya
b. kesusilaan, budaya, dan hukum
c. agama, budaya, dan hukum
d. kesusilaan, agama, dan hukum
Sumber: Ujian Nasional SMP 2003

90. Pimpinan DPR menyerahkan rancangan undangundang kepada ….
a. Ketua MPR
b. Ketua DPR
c. Presiden
d. Ketua MA

91. Sumber hukum positif tertinggi yang berlaku di Indonesia adalah ….
a. UUD 1945
b. Undang-undang
c. Peraturan Pemerintah
d. Peraturan Daerah

92. Jika seorang melanggar hukum, akan dikenai ….
a. peringatan
b. denda
c. sanksi
d. pujian

93. Hukum adalah aturan yang baru berfungsi jika semua warga negara ….
a. melanggarnya
b. mematuhinya
c. menghafalnya
d. memahaminya

94. Lembaga yang berhak untuk mengkaji dan menilai apakah peraturan perundang-undangan tersebut memang benar-benar tidak ber ten tangan dengan undang-undang di atasnya adalah ….
a. Mahkamah Agung
b. Mahkamah Konstitusi
c. DPR
d. MPR

95. Pasal yang menjamin aksi unjuk rasa atau demonstrasi dalam menyampaikan aspirasinya adalah ….
a. Pasal 27
b. Pasal 28
c. Pasal 29
d. Pasal 30

96. Mempengaruhi pendapat masyarakat tentang permasalahan yang berkaitan dengan peraturan perundang-undangan melalui opini publik dapat disalurkan melalui ….
a. memanfaatkan media massa
b. unjuk rasa
c. provokator
d. tindakan anarkis

97. Menepati, memahami, dan tertib melaksanakan kesepakatan-kesepakatan nasional adalah makna dari ....
a. ketahanan nasional
b. wawasan nasional
c. disiplin nasional
d. integrasi nasional
Sumber: Ujian Nasional SMP 2003

98. Berikut yang bukan merupakan unsur korupsi dilihat dari hukum adalah ….
a. melanggar hukum
b. menyalahgunakan wewenang
c. merugikan negara
d. merugikan keluarga

99. Komisi yang bertugas menanggulangi tindak pidana korupsi adalah ….
a. KPK
b. KPU
c. BPK
d. MA

100. Kita harus berusaha meningkatkan kepatuhan dan ketaatan dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari dengan tujuan ....
a. menanamkan disiplin
b. mendapatkan pengakuan
c. dikagumi orang lain
d. mendapatkan kepuasan diri

101. Yang menjadi landasan filosofis dalam pembuatan segala peraturan
negara Republik Indonesia ialah . . . .
a. Pancasila
b. Pembukaan UUD 1945
c. UUD 1945
d. Ketetapan MPR

102. Berikut ini bukan merupakan bentuk kerja sama antara presiden dengan DPR dalam bidang legislatif, yaitu . . . .
a. Hak presiden untuk mengajukan RUU kepada DPR
b. Peraturan Pemerintah harus mendapat persetujuan DPR dalam persidangan yang berikutnya.
c. RAPBN yang diajukan presiden dibahas bersama DPR dengan memperhatikan pertimbangan DPR.
d. DPR mengawasi pelaksanaan roda-roda pemerintahan yang dilaksanakan oleh presiden

103. Sikap patuh terhadap perundang-undangan di lingkungan sekolah tampak dalam kegiatan . . . .
a. menggunakan fasilitas keluarga dengan tertib
b. menghargai tata cara adat kebiasaan setempat
c. memelihara kekayaan negara
d. berpakaian seragam sekolah sesuai peraturan yang berlaku

104. Bentuk sikap kritis terhadap perundang-undangan yang tidak mengakomodasi aspirasi masyarakat, ialah . . . .
a. melakukan dialog dan musyawarah antara kelompok masyarakat dan DPR
b. melakukan sikap anarkis dalam berunjuk rasa
c. menghujat para pembuat kebijakan dalam media masa
d. melakukan pendekatan secara kekeluargaan dengan para pejabat Tata Usaha Negara

105. Badan yang menyiapkan usul RUU dan usul-usul inisiatif dari DPR, komisi dan gabungan komisi ialah . . . .
a. Komisi dan Subkomisi
b. Badan Legislasi
c. Badan Urusan Rumah Tangga
d. Dewan Kehormatan


Soal Materi Penyusunan Perundang-Undangan PKN Uraian Essay

1. Apa yang dimaksud dengan perundang-undangan nasional?
2. Jelaskan tata cara pembentukan perda!
3. Sebutkan tugas dan wewenang MPR sebagai badan legislatif!
4. Sebutkan tugas DPR sebagai badan legislatif!
5. Jelaskanlah dengan bagan, prosedur pembentukan RUU yang diusulkan DPR!

6. Sebutkan alat kelengkapan DPR!
7. Sebutkan para penyelenggara negara yang kekayaannya dapat diperiksa oleh KPKPN?
8. Jelaskan kerja sama antara DPR dan Presiden dalam perundangundangan!
9. Jelaskan mengapa dalam pembuatan peraturan perundang-undangan masyarakat perlu dilibatkan!
10. Jelaskan apa pengertian konsiderans dan diktum dalam suatu undangundang?

11. Jelaskan apa konsekuensi bila para pejabat negara dan pemimpin politik bertindak korupsi!
12. Upaya-upaya pemberantasan korupsi bisa dilakukan siapa saja. Berikan masing-masing satu contoh yang dilakukan oleh:
a. Masyarakat pendidikan/akademis
b. Masyarakat luas
c. Pemerintah
d. Lembaga non-pemerintah
e. Media masa

13. Berikan masing-masing satu contoh kerugian akibat korupsi di bidang:
a. Politik
b. Hukum
c. Ekonomi
d. Sosial budaya
e. Hankam dan agama

14. Apa sanksi bagi pejabat negara yang melakukan korupsi?
15. Sebutkan lembaga-lembaga anti korupsi di Indonesia!

16. Jelaskan bahwa undang-undang seharusnya mengakomodasikan keinginan rakyat!
17. Siapa saja yang dapat memberikan partisipasi dan pembentukan peraturan perundangan?
18. Proses pembahasan RUU di DPR terdapat empat tingkat pembicaran. Sebutkan agenda yang dibicarakan dalam pembicaraan tingkat keempat Rapat Paripurna!
19. Sebutkan Undang-Undang yang berkaitan dengan pemberantasan korupsi di Indonesia!
20. Bagaimanakah pendapat kalian tentang perjalanan pemberantasan korupsi di Indonesia hingga saat ini?

21. Tunjukkan bahwa Indonesia adalah negara hukum.
22. Tuliskan ciri-ciri negara hukum.
23. Uraikan tata urutan peraturan perundangundangan yang berlaku di negara Republik Indonesia berdasarkan UU No. 10 Tahun 2004.
24. Sebutkan dan jelaskan tahap-tahap proses atau perumusan peraturan perundang-undangan dalam arti luas.
25. Sebutkan tahap-tahap usulan RUU dari Presiden dan DPR.

26. Kesadaran dan kepatuhan hukum tidaklah muncul dengan sendirinya, tetapi dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Apa maksud dari pernyataan tersebut?
27. Sebutkan cara-cara yang dapat ditempuh dalam mengkritik peraturan perundang-undangan.
28. Menurut pendapat kamu, apa yang dimak sud dengan korupsi?
29. Sebutkan dan jelaskan asas-asas yang harus dipegang oleh KPK dalam menjalankan wewe nangnya.
30. Berilah lima contoh tindakan korupsi yang ada di lingkungan masyarakat, bangsa, dan negara.

31. Undang-undang merupakan suatu peraturan yang dibuat oleh . . .
32. Menurut Pasal 5 Ayat (1) UUD 1945 yang berhak mengajukan Undang-undang adalah . . .
33. Peraturan daerah ditetapkan oleh . . .
34. Undang-undang bisa diberlakukan terlebih dahulu diundangkan lewat . . .
35. Peraturan perundang-undangan hanya sebagai bagian dari . . .

36. Tata urutan peraturan yang paling tinggi tingkatannya adalah . . .
37. Pemerintah menetapkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang dikarenakan . . .
38. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 mengatur tentang . . .
39. Presiden menyerahkan Rancangan Undang-Undang yang telah . . .
40. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional. Berdasarkan UU itu tiap warga negara mempunyai . . .

41. Peraturan negara yang tertinggi di Indonesia dan sebagai hukum dasar tertulis adalah ....
42. UUD 1945 memuat dasar dan garis besar hukum dalam penyelenggaraan negara sehingga bersifat ....
43. Undang-Undang dibuat oleh DPR bersama presiden untuk melaksanakan ... dan ....
44. ...dibuat oleh pemerintah dalam hal ikhwal kegentingan yang memaksa.
45. Peraturan daerah provinsi dibuat oleh ... dan ....

46. Peraturan pemerintah daerah isinya tidak boleh bertentangan dengan peraturan ....
47. Rancangan Undang-Undang (RUU) dapat diajukan atas inisiatif DPR atau atas inisiatif ....
48. Rancangan UU yang sudah mendapat persetujuan DPR dan pemerintah kemudian disahkan oleh presiden menjadi ....
49. Perundang-undangan nasional berlaku secara nasional dan harus dipatuhi oleh ....
50. Hak untuk mengajukan Rancangan Undang-Undang oleh DPR disebut ....

51. Deskripsikan tata urutan peraturan perundang-undangan negara kita!
52. Deskripsikan perbedaan perundang-undangan nasional dengan UU!
53. Deskripsikan secara singkat proses pengesahan UU!
54. Bolehkah setiap warga negara melibatkan diri dalam penyusunan perundangundangan? Jelaskan!
55. Deskripsikan akibat yang muncul jika peraturan perundang-undangan tidak mengakomodasi aspirasi masyarakat!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "160 Soal Materi Penyusunan Perundang-Undangan/Hukum, Korupsi (Pilihan Ganda & Essay)"

Posting Komentar